Menhub Budi Karya Tinjau Terminal Amplas yang Didanai Bank Dunia Rp 1,8 Triliun

Sedang Trending 3 hari yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Medan - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Wali Kota Medan Bobby Nasution meninjau Terminal Tipe A Amplas di Jalan Panglima Denai, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan.

Menhub Budi Karya mau memandang perkembangan terminal Mastran Bus Rapid Transit (BRT) Medan, Binjai, Deliserdang alias Mebidang dan letak nan bakal dijadikan Depo BRT. 

Pembangunan Depo alias tempat pemberhentian akhir bus bakal spesial lantaran menyediakan charging bus untuk memenuhi rencana pemerintah mengubah kendaraan konvensional menjadi kendaraan listrik (EV).

Menurut Budi Karya, setelah pembangunan selesai, Kota Medan dan Bandung bakal menjadi kota percontohan prasarana transportasi darat.

"Saya unik datang untuk mengevaluasi pinjaman dari Bank Dunia alias Word Bank sebesar Rp 1,8 triliun untuk Medan dan Bandung, gunanya membangun prasarana transportasi darat. Dari total anggaran, Rp 300 miliar untuk membangun depo, sisanya untuk peningkatan infrastruktur, seperti pedestrian, halte dan taman," kata Budi, Jumat, 28 Juni 2024.

Terminal Amplas, kata Budi, adalah salah satu stasiun terbaik di Indonesia. Apalagi sekarang, terjadi peningkatan bus dan jumlah penumpang. Ini menunjukkan bahwa keputusan menjadikan Amplas sebagai terminal sudah tepat. 

"Pergerakan antarkota di Sumut, Aceh, Riau itu banyak sekali. Saya apresiasi Dirjen Darat, Pak Wali Kota Medan nan selalu berkolaborasi. Medan bisa menjadi percontohan infrastruktur transportasi darat loan pemerintah," ucapnya.

Selanjutnya: Bobby Nasution berterima kasih kepada Kementerian Perhubungan....

  • 1
  • 2
  • Selanjutnya
Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis