Menko PMK Pantau Langsung Penyaluran Bantuan Beras CPP di Papua Tengah

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy berambisi Bantuan Pangan Beras Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) bisa digunakan sebaik-baiknya oleh masyarakat.

Hal ini disampaikan Muhadjir saat memantau langsung penyaluran Bantuan Pangan Beras CPP di Kantor Kelurahan Kamoro Jaya, Distrik Wania, Provinsi Papua Tengah, pada Selasa (6/8).

Bahkan Muhadjir memandang proses pengambilan support pangan beras CPP nan dilakukan oleh masyarakat Kelurahan Kamoro Jaya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dia menyaksikan proses pengedaran support dilakukan dimulai dari proses registrasi sesuai undangan nan diterima, kemudian mengantri untuk dilakukan verifikasi dan pengesahan info penerima dari pihak BULOG secara bergantian sesuai urutan, hingga support pangan beras CPP diterima penerima masing-masing 10 Kg.

"Mudah-mudahan support ini bisa digunakan sebaik-baiknya. Mudah-mudahan semua bisa bermanfaat," kata Menko PMK Muhadjir Effedy.

Adapun penyaluran support pangan beras CPP di Provinsi Papua Tengah telah memasuki tahap III untuk periode Agustus, Oktober, dan Desember. Di Provinsi Papua Tengah terdapat sebanyak 247.967 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Sementara itu, dalam penyaluran support di Kelurahan Kamoro Jaya, terdapat sebanyak 139 KPM nan menerima support pangan beras CPP.

Muhadjir menerangkan, support pangan beras CPP disalurkan pemerintah sebagai alas sosial dalam mengantisipasi krisis pangan nan terjadi akibat cuaca nan tidak menentu.
Dia menerangkan bahwa support pangan beras CPP disalurkan di seluruh Indonesia dengan sasaran 22 Juta KPM. Penyaluran support pangan beras CPP disalurkan sampai akhir tahun 2024.

"Bantuan ini disalurkan pemerintah dalam rangka mengantisipasi kemungkinan adanya kelangkaan bahan pangan. Pemerintah memang sudah mencadangkan sampai bulan Desember," jelasnya.

Selain itu, Menko PMK menerangkan, pemberian support pangan beras CPP menjadi salah satu langkah stabilisasi pangan hulu-hilir nan berakibat terhadap pemenuhan gizi dan pengentasan stunting, serta penurunan nomor inflasi nasional.

Muhadjir juga berkesempatan berbincang dengan dengan para penerima faedah support pangan beras CPP. Dia berinteraksi dan berbincang mengenai support nan telah diterima oleh para warga, serta berinteraksi kuis wawasan Pancasila. Muhadjir juga menyempatkan menari tarian budaya Papua berbareng para bapak-bapak penduduk Kelurahan Kamoro Jaya.

Di kesempatan itu juga Menko PMK memberikan support pangan beras CPP secara simbolis kepada masyarakat penerima bantuan.

Dalam aktivitas ini juga turut dihadiri Pj Sekda Kabupaten Mimika, Petrus Yumte; Kepada Bapeda Mimika Yohana Pailing; Kadis Ketahanan Pangan Mimika, Yulius Koga, Kepala Distrik Wania Mathius Sedan; Lurah Kamoro Jaya Musdhalifah; dan Pimpinan Cab. Bulog Kab. Mimika Riyadi Muslim.

(inh)

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional