Menko Polhukam Minta Warga Lapor Jika Temukan Pungli PPDB

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 13 Jun 2024 00:45 WIB

Menko Polhukam Hadi Tjahjanto meminta masyarakat melapor jika menemukan pungutan liar dalam proses PPDB 2024. Menko Polhukam Hadi Tjahjanto meminta masyarakat melapor jika menemukan pungutan liar dalam proses PPDB 2024. (AFP/BAY ISMOYO)

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto meminta masyarakat melapor jika menemukan pungutan liar (pungli) dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024.

Hadi mengatakan masyarakat bisa melapor melalui sistem aplikasi kejuaraan pungli (Siduli) nan terkoneksi dengan SP4N Lapor.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Langsung laporkan ke Siduli dan saya bakal cek apakah di lapangan Siduli efektif mengenai laporan-laporan tersebut," kata Hadi usai Rakernas Saber Pungli di Jakarta Pusat, Rabu (12/6).

Ia menjelaskan Siduli bukan aplikasi baru, tetapi merupakan peningkatan dari aplikasi sebelumnya. Hadi mengatakan identitas pelapor bakal dirahasiakan.

Ia juga menyebut proses birokrasi di Siduli tidak panjang, sehingga laporan bisa ditindaklanjuti.

"Selanjutnya bakal diverifikasi oleh satgas, lampau satgas bakal bergerak ketika TKP, ini lebih mudah untuk birokrasinya dan Satgas bisa langsung melakukan tindakan di lapangan," ucapnya.

Ia berambisi partisipasi masyarakat mau ikut mengawasi dan melaporkan andaikan menemukan pungli di lapangan.

"Kita memerlukan partisipasi masyarakat untuk melakukan tindakan tersebut, ialah dengan melaporkan. Masyarakat bisa mengawasi satgas siber pungli ini turun ke lapangan alias tidak. Ini nan bakal kita lakukan di lapangan," katanya.

(yoa/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional