Menkopolhukam Ungkap Proses Panjang Negosiasi Pembebasan Kapten Philip

Sedang Trending 3 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Hadi Tjahjanto mengungkap argumen pembebasan Kapten Philip Mark Mehrtens, Pilot Susi Air yang disandera 1,5 tahun oleh golongan pidana bersenjata (KKB) ketua Egianus Kogoya, menyantap waktu panjang.

Hadi menjelaskan bahwa proses negosiasi melangkah panjang lantaran pemerintah mengedepankan soft approach kepada pihak KKB.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Proses negosiasi sangat panjang dilakukan satgas oleh TNI Polri nan dari waktu ke waktu, hari ke hari memantau perkembangan di wilayah Nduga. Kita berterima kasih apa nan kita inginkan di lapangan bisa melangkah dengan baik," kata Hadi dalam konvensi pers di Lanud Halim Perdanakusumah, Jakarta, Sabtu (21/9).

Menurut Hadi proses negosiasi juga melibatkan beragam pihak, tidak hanya dari TNI maupun Polri. Menurutnya pemerintah turut melibatkan tokoh adat, tokoh masyarakat, hingga gereja agar KKB membebaskan Kapten Philip.

"Keterlibatan tokoh adat, tokoh masyarakat, gereja, semuanya sangat memengaruhi dalam proses pembebsasan ini. Bayangkan 1 tahun 7 bulan kita negosiasi dan Alhamdulillah, kita tim satgas dan dibantu oleh seluruh komponen bisa menyelesaikan tugas ini dengan baik," ujarnya.

Hadi juga menekankan tidak ada barter kepada pihak KKB mengenai pembebasan Kapten Philip. Menurutnya perihal itu lantaran pemerintah juga melakukan pendekatan persuasif kepada KKB.

Philip Mark Mehrtens sukses dibebaskan pada Sabtu (21/9) usai disandera golongan pidana bersenjata (KKB) di wilayah Kabupaten Nduga, Papua, selama 1,5 tahun.

Menurut Kaops Damai Cartenz 2024 Brigjen Pol Dr Faizal Ramadhani, Satgas Operasi Damai Cartenz 2024 menggunakan soft approach dalam upaya pembebasan.

Philip disandera sejak 7 Februari 2023 sesaat setelah mendaratkan pesawat di lapangan terbang Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Saat peristiwa itu terjadi, pesawat nan dibawa Philip terbakar. Setelahnya, TPNPB-OPM mengaku jadi pihak di kembali tindakan pembakaran pesawat serta menahan pilot pesawat.

(can/dmi)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional