Pemerintah Klaim KKB Tak Minta Imbalan untuk Bebaskan Pilot Susi Air

Sedang Trending 3 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Minggu, 22 Sep 2024 00:03 WIB

Menkopolhukam Hadi Tjahjanto mengatakan Kapten Philip dibebaskan buah dari pendekatan tim satgas Cartenz dan pihak-pihak nan terlibat. Pilot Susi Air Phillip Mehrtens akhirnya dilepaskan dari penyanderaan OPM di Papua. (Foto: Arsip Satgas Damai Cartenz)

Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah menyatakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) ketua Egianus Kogoya tidak meminta apapun sebagai timbal kembali dalam proses pembebasan Pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Hadi Tjahjanto mengatakan Philip dibebaskan buah dari pendekatan tim satgas Cartenz dan pihak-pihak nan terlibat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Tidak ada nan mereka minta, kita hanya pendekatan secara persuasif," kata dia saat ditanya timbal kembali nan diberikan pemerintah kepada KKB, di Jakarta Timur, Sabtu (21/9).

Hadi menjelaskan bahwa proses negosiasi melangkah panjang lantaran pemerintah mengedepankan soft approach kepada pihak KKB. Menurut dia tim Satgas Cartenz terus memantau perkembangan selama Philip disandera.

Menurut Hadi proses negosiasi juga melibatkan beragam pihak, tidak hanya dari TNI maupun Polri. Menurutnya pemerintah turut melibatkan tokoh adat, tokoh masyarakat, hingga gereja agar KKB membebaskan Kapten Philip.

"Keterlibatan tokoh adat, tokoh masyarakat, gereja, semuanya sangat memengaruhi dalam proses pembebasan ini," ujar Hadi.

"Bayangkan 1 tahun 7 bulan kita negosiasi dan Alhamdulillah, kita tim satgas dan dibantu oleh seluruh komponen bisa menyelesaikan tugas ini dengan baik," imbuhnya.

Philip Mark Mehrtens sukses dibebaskan pada Sabtu (21/9) usai disandera golongan pidana bersenjata (KKB) di wilayah Kabupaten Nduga, Papua, selama 1,5 tahun.

Menurut Kaops Damai Cartenz 2024 Brigjen Pol Dr Faizal Ramadhani, Satgas Operasi Damai Cartenz 2024 menggunakan soft approach dalam upaya pembebasan.

Usai dibebaskan, Philip kemudian langsung diterbangkan ke Jakarta. Ia tiba di Lanud Halim Perdanakusumah pada Sabtu malam, dan langsung diserahkan ke pemerintah Selandia Baru.

(can/dmi)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional