Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono Peringati HUT RI di NTT: Bentuk Perhatian Pemerintah

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, JakartaMenteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengungkapkan, peringatan HUT RI ke-79 nan digelar di Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT), sebagai corak perhatian pemerintah pada potensi nan dimiliki wilayah terluar Indonesia. Saat menjadi Inspektur Upacara peringatan Hari Ulang Tahun Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Sabu-Raijua, Nusa Tenggara Timur, Sabtu, Trenggono menyatakan kehadiran di Kabupaten Sabu Raijua sebagai salah satu corak komitmen dan perhatian untuk mengangkat potensi wilayah terluar.

Trenggono nan mengenakan baju budaya Sabu Raijua menjelaskan, dirinya menjadi salah satu menteri nan melaksanakan upacara HUT RI di pulau terluar, perihal ini untuk memandang gimana penerapan pembangunan di sektor kelautan dan perikanan khususnya di Kabupaten Sabu Raijua, NTT. “Kami juga mau memastikan bahwa kita semua dalam semangat nan sama bahwa program pembangunan kelautan dan perikanan dapat dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat di wilayah terluar di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa program ekonomi biru nan digagas merupakan upaya untuk mendorong pembangunan di sektor kelautan dan perikanan secara merata, dengan tetap menempatkan keberlanjutan dan kesehatan ekologi sebagai arah utama kebijakan pembangunan sektor kelautan dan perikanan.

“Selain sebagai upaya menjaga kesehatan dan keberlanjutan ekologi laut bagi generasi mendatang, seluruh program tersebut pada prinsipnya adalah ikhtiar kita semua untuk menghadirkan pertumbuhan ekonomi kelautan dan perikanan nan merata antarwilayah serta tumbuhnya ekosistem upaya kelautan dan perikanan nan kuat dan mandiri,” katanya lagi.

Iklan

Adapun program ekonomi biru tersebut, ialah memperluas area konservasi laut; penangkapan ikan terukur berbasis kuota; mengembangkan laut, tawar, ikan terukur budidaya air payau nan berkelanjutan; pengelolaan dan pengawasan pesisir dan pulau-pulau kecil; serta penanganan sampah plastik di laut melalui aktivitas partisipasi nelayan alias Bulan Cinta Laut.

Pilihan editor: Gaji PNS Naik Bertahap di 2025, Bappenas: Prioritaskan Guru, Nakes, dan TNI/Polri

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis