Menteri LHK: 95 Persen Hutan Gambut SM Rawa Singkil di Aceh Tetap Utuh

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan lebih dari 95 persen dari Suaka Margasatwa Rawa Singkil nan luasnya lebih dari 82 ribu hektare di Aceh, tetap dalam kondisi utuh.

Suaka Margasatwa Rawa Singkil merupakan komponen krusial dari Kawasan Ekosistem Leuser nan luasnya mencakup lebih dari 2,6 juta hektare. Ekosistem ini telah memenuhi sasaran suasana FOLU Net Sink jauh sebelum pemisah waktu tahun 2030.

"Saat ini kami sedang menangani kurang dari 5 persen dari luas Suaka Margasatwa Rawa Singkil, nan berupa vegetasi non-hutan nan terkena akibat perambahan dan masalah lainnya, melalui penegakan norma kolaboratif dan keterlibatan masyarakat," kata Nurbaya dalam keterangan tertulis, Kamis (8/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Nurbaya mengatakan Tim Gakkum terpadu sudah beberapa pekan berada di lapangan. Ia mengaku selalu mendapat laporan berkala.

Dari laporan lapangan juga, dia mengatakan revegetasi alami sedang mengalami kemajuan pasca perambahan di beberapa bagian vegetasi non-hutan, nan bakal dilengkapi dengan pengayaan jenis vegetasi lokal.

"Sedangkan untuk area vegetasi non rimba nan ditanami kelapa sawit bakal kami restorasi secara bertahap," katanya.

Ia memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menyoroti temuan kajian NDVI (Normalized Difference Vegetation Index) di Suaka Margasatwa Rawa Singkil nan dilakukan tim KLHK.

"Analisis satelit resolusi tinggi dan pemeriksaan lapangan memastikan bahwa lebih dari 95 persen Suaka Margasatwa Rawa Singkil tetap dalam kondisi utuh," katanya.

Ia mengatakan dengan lebih dari 95 persen vegetasi rimba gambut nan tetap utuh di Suaka Margasatwa, maka tujuan FOLU Net Sink pasti bakal tercapai dengan baik.

"Status FOLU Net Sink di Kawasan Ekosistem Leuser tetap stabil dan sangat positif, didukung oleh gambaran satelit resolusi tinggi dan bukti-bukti di lapangan. Kami percaya Indonesia bakal tetap berada pada jalur nan tepat untuk mencapai tujuan FOLU Net Sink 2030," katanya,

Nurbaya menyatakan pencapaian FOLU Net Sink sebelum sasaran tahun 2030 di Kawasan Ekosistem Leuser, menambah kepercayaan diri KLHK untuk melindungi badak, orangutan, harimau, dan gajah Sumatera di Ekosistem Leuser.

"Indonesia tidak bakal pernah goyah dari status negara adidayanya dalam menghadapi krisis iklim," ujarnya.

(yoa/gil)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional