Menteri PUPR: Pembangunan Masjid Negara di IKN Capai 18,7 Persen

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan pembangunan Masjid Negara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur mencapai 18,7 persen.

Basuki Hadimuljono meminta kepada Konsultan Manajemen Konstruksi untuk memantapkan akses dan sirkulasi kendaraan bagi 60 ribu jemaah agar lebih efisien, serta memperbanyak ruang hijau di area masjid.

"Tolong jika ada pohon nan besar dan bagus jangan ditebang, lebih baik dipindahkan. Kita perbanyak tanaman agar lebih hijau," kata Basuki Hadimuljono dalam keterangan nan diterima di Jakarta, Sabtu.

Pekerjaan Masjid Negara telah mencapai 18,7 persen sejak dilaksanakan peletakan batu pertama alias groundbreaking oleh Presiden Jokowi pada Rabu (18/1) dan direncanakan selesai Desember 2024.

Basuki Basuki Hadimuljono menekankan pada sirkulasi/pergerakan jemaah, kesiapan lahan parkir dan penghijauan area Masjid Negara. Menteri PUPR juga menugaskan kontraktor dan konsultan manajemen bangunan untuk segera menyiapkan lahan parkir nan tidak jauh dari gedung masjid.

Pembangunan Masjid Negara di bawah tanggung jawab Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalimantan Timur dengan kontraktor pelaksana PT Adhi Karya – PT Hutama Karya KSO dengan biaya APBN senilai Rp 940 miliar. Secara perjanjian penyelenggaraan pembangunannya sudah dimulai sejak November 2023 dan ditargetkan selesai pada Desember 2024.

Masjid Negara Ibu Kota Nusantara berdiri di atas lahan seluas 32.125 m2. Di letak tersebut juga terdapat area komersial seluas 2.221 m2 dan area penunjang seluas 7.340 m2.

Iklan

Bangunan masjid dibangun seluas 61.596 m2 dengan kreasi 3 Lower Ground, 1 Ground Floor, 2 Mezzanine. Selain itu juga terdapat gedung komersial seluas 2.212 m2 (2 lantai), dan gedung penunjang seluas 727 m2 (1 lantai).

Selain lansekap penghijauan, area Masjid Negara juga dilengkapi kolam retensi seluas 123.502 m2 nan dibangun oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan IV, Ditjen Sumber Daya Air.

Selain itu, juga dilengkapi area plaza, tempat wudhu, ruang rapat, hall pertemuan, dan ruang tunggu VIP serta infrastruktur pendukung seperti jalan, jembatan serta utilitas kawasan.

ANTARA

Pilihan Editor: Cek Daftar Promo HUT RI ke-79 di Shell, HokBen, Uniqlo, Marugame Udon, sampai Janji Jiwa

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis