Muhadjir: RS Haji Indonesia di Saudi Beroperasi Musiman lalu Mangkrak

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 05 Jun 2024 14:20 WIB

Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan rumah sakit haji Indonesia di Arab Saudi hanya beraksi selama musim haji, banyak perangkat nan rusak lantaran tak terpakai. Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan Rumah Sakit Haji Indonesia di Arab Saudi hanya beraksi selama musim haji. (CNN Indonesia/Ramadhan Rizki Saputra)

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan rumah sakit haji Indonesia di Arab Saudi hanya beraksi selama musim haji.

Setelahnya, dia menyebut tempat dan alat-alat kesehatan tidak digunakan. Padahal, kata dia, penyewaan tempat dilakukan untuk jangka waktu satu tahun.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Rumah sakit haji Indonesia itu hanya bisa beraksi selama haji. Setelah itu mangkrak, mulai alatnya sampai tempatnya, padahal sewanya 1 tahun penuh," kata Muhadjir dalam Rapat Kerja dengan Badan Anggaran DPR RI, Rabu (5/6).

Ia mengatakan saat mendekati musim haji, pemerintah baru disibukkan memperbaiki alat-alat nan rusak bukan lantaran pemakaian, namun justru lantaran tidak digunakan nyaris satu tahun.

"Rusaknya bukan lantaran dipakai, tapi lantaran nganggur selama nyaris satu tahun," ujarnya.

Muhadjir pun mendorong para personil DPR memberikan perhatian agar rumah sakit Indonesia di Arab Saudi bisa beraksi sepanjang tahun.

Ia menyebut jika terealisasi, perihal itu bakal berfaedah bagi para jemaah umrah.

"Kalau itu bisa direalisasi saya kira bakal sangat bagus, di samping kita bisa memberikan pelayanan unik kepada jemaah umrah, kita juga tidak mengalami idle capacity, dari sewa gedung dan juga peralatan-peralatan nan menurut saya sudah sangat bagus sebetulnya selama ini belum bisa dimaksimalkan," ujarnya.

(yoa/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional