Nasaruddin: Paus Fransiskus Akan Kunjungi Terowongan Istiqlal-Katedral

Sedang Trending 4 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 04 Sep 2024 13:06 WIB

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengatakan pihaknya sudah siap menyambut kehadiran Paus Fransiskus di Terowongan Silaturahmi Istiqlal-Katedral. Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengatakan pemimpin gereja Katolik bumi Paus Fransiskus berambisi mengunjungi Terowongan Silaturahmi Istiqlal-Katedral Jakarta pada Kamis (5/9) besok. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNN Indonesia --

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengatakan pemimpin gereja Katolik bumi Paus Fransiskus berambisi mengunjungi Terowongan Silaturahmi Istiqlal-Katedral Jakarta pada Kamis (5/9) besok.

"Masya Allah, Paus bakal berjamu ke tunnel. Karena ini kan terowongan toleransi pertama di bumi ya, dan komplit dengan simbol-simbolnya nan sangat artistik, beliau sangat terkesan mau mengunjungi," kata Nasaruddin di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (4/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Nasaruddin menyebut bakal ada pertemuan unik antara Paus dengan dirinya dan beberapa pemuka kepercayaan lain. Rencana pertemuan itu pun menurutnya bakal membahas banyak hal, dengan poin utama mengenai perdamaian.

Menurutnya, tema-tema perdamaian dan toleransi itu juga menjadi rumor sentral nan dia ikuti. Ia juga menyinggung ada aspek-aspek besar universal keagamaan nan melekat pada Paus, nan tidak jauh dari visi kebanyakan umat Islam.

"Karena kita punya concern nan sama. Karena Paus ini kan sangat unik ya, jadi memihak kepada kelompok-kelompok yg tertindas ya, kelompok-kelompok nan termarjinalkan, kelompok-kelompok fakir miskin," ujarnya.

Paus Fransiskus melakukan kunjungan apostolik di Indonesia nan dimulai pada Selasa (3/9) hingga Jumat (6/9) mendatang.

Indonesia menjadi negara pertama nan dikunjungi Paus Fransiskus dalam rangkaian kunjungannya di Asia-Pasifik. Ia berikutnya bakal melawat ke Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura.

Ini merupakan kunjungan Paus ke RI nan pertama dalam 35 tahun setelah kunjungan Paus Yohanes Paulus II pada 1989 silam. Kedatangan Paus Fransiskus pun begitu dinanti-nanti, terutama oleh umat Katolik Indonesia.

(khr/fra)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional