OCA Gunakan AI untuk Layanan Chatbot yang Lebih Pintar

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

INFO BISNIS - Implementasi teknologi Artificial Intelligence (AI) pada produk dan jasa digital PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) semakin memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Salah satunya dengan menyematkan AI pada OCA Indonesia, produk unggulan dari Leap Telkom Digital.

Teknologi AI bakal diimplementasikan pada chatbot OCA Indonesia nan diberi nama OCA Automated Interaction (OCA AI). Teknologi mutakhir di OCA AI bisa membalas chat secara pandai dan otomatis, sehingga dapat mengurangi keterlibatan manusia dalam membalas pesan alias menangani keluhan secara manual.

Hadirnya Chatbot AI pada OCA dapat menjadi solusi bagi pelaku upaya dalam mengefisienkan pemanfaatan karyawan. Dengan begitu, pelaku upaya bisa lebih konsentrasi menempatkan karyawannya untuk menangani hal-hal nan sifatnya lebih strategis dan mendatangkan benefit lebih bagi perusahaan maupun lembaga nan menggunakan OCA Indonesia.

Kehadiran OCA AI juga bakal membantu pelaku upaya dalam mengembangkan chatbot-nya sendiri sesuai dengan kebutuhan. Berkat support omnichannel nan lengkap, OCA AI memudahkan pengguna mengimplementasikan chatbot di beragam channel komunikasi.

Melalui langkah ini, perusahaan dapat lebih meningkatkan jasa pengguna memberikan akibat positif terhadap perusahaan. Selain itu, OCA AI juga dapat digunakan untuk mengotomatisasikan komunikasi di banyak industri, salah satunya bagi bumi pendidikan.

EVP Digital Business and Technology Telkom Komang Budi Aryasa mengatakan, “Telkom selalu berkomitmen untuk memberikan solusi terbaik melalui produk dan jasa digital kami. Seperti penyematan AI pada chatbot OCA nan kami namakan OCA AI. Nantinya OCA AI dapat digunakan untuk mengefisiensikan alur kerja perusahaan sehingga dapat memberikan faedah nan lebih banyak lagi.”

Keunggulan chatbot AI  nan dibangun OCA Indonesia telah dirasakan manfaatnya oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya. Penggunaan sistem chatbot OCA merevolusi proses komunikasi ITS secara signifikan dengan mengusung otomatisasi.

Kini chatbot OCA sudah bisa menangani beragam keluhan, permintaan, dan pertanyaan nan diajukan oleh civitas academica ITS. Terlebih ketika OCA AI nan didukung dengan keahlian generative AI rampung dikembangkan, chatbot nan ada di OCA Indonesia bakal semakin pandai dan semakin memudahkan penggunanya.

Iklan

Sebelumnya, civitas akademika ITS kudu secara manual mengusulkan pertanyaan melalui web dan kudu memilih unit nan dituju secara benar. Cara ini sering kali mengalami kendala, lantaran terkadang pengguna salah memilih unit nan dituju sehingga proses penanganan dari persoalan nan diajukan menyantap waktu lama, alias apalagi tidak terproses sama sekali.

Setelah menggunakan chatbot OCA nan dihubungkan dengan aplikasi WhatsApp, sekarang setiap pertanyaan umum sudah dikategorikan sehingga mahasiswa, dosen, tenaga pendidik dapat memilih sesuai kategori pertanyaan. Contohnya mahasiswa baru jenjang S1 (sarjana) bakal mempunyai pilihan pertanyaan nan berbeda dengan mahasiswa jenjang S2 (pascasarjana).

Layanan chatbot OCA menghilangkan kebingungan nan sebelumnya terjadi dalam proses komunikasi di ITS dan bisa membalas keluhan lebih optimal. Setelah kelak OCA AI resmi diluncurkan, chatbot OCA bisa belajar berdikari dan bisa menjawab pertanyaan nan diajukan tanpa perlu mengatur kategorisasinya.

Dengan memanfaatkan jasa chatbot OCA, pihak ITS bisa mengirimkan hingga 30 ribu pesan ke mahasiswa baru setiap tahunnya. Berkat teknologi nan ada di OCA Indonesia, ITS dapat memperbarui dan meningkatkan kualitas komunikasi kampus dengan mahasiswa, orang tua, dan alumni melalui chatbot nan telah diotomatisasi.

Kepala Seksi Hubungan Pelanggan dan Perencanaan Bisnis ITS Dini Adni Navastara mengatakan, “Chatbot OCA terbukti memudahkan dan membantu tim service desk kami dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan nan diajukan oleh calon mahasiswa, mahasiswa, dosen, alumni, hingga pihak-pihak di luar kampus dengan efisien dan cepat.”

Langkah OCA Indonesia menyematkan AI pada jasa chatbot miliknya, menjadi upaya nyata OCA Indonesia untuk terus mendorong penemuan dalam solusi digital untuk membantu pengguna mengoptimalkan kinerjanya. Implementasi OCA Indonesia terbukti memainkan peran krusial dalam mengelola dan merampingkan proses komunikasi digital di ITS.

Berkat OCA Indonesia, komunikasi digital ITS lebih responsif, efisien, dan tepat waktu, terhadap pertanyaan dari civitas academica, termasuk penyebaran info nan lebih efektif. Tidak hanya  OCA Indonesia, Leap Telkom Digital juga memayungi beragam produk dan jasa digital unggulan Telkom lainnya, sebagai solusi dari beragam persoalan di semua sektor.(*)

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis