Opelet Biru, Saksi Bisu Wasiat Benyamin untuk Rano Karno Jadi Gubernur

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Rano Karno mengenang wasiat Benyamin S setelah menerima mandat dari PDIP untuk mencalonkan diri sebagai calon wakil gubernur DKI Jakarta.

Rano merujuk pada wasiat Benyamin saat memerankan tokoh Babeh Sabeni di sinetron Si Doel. Kala itu, Sabeni sedang menceramahi Doel nan diperankan Rano.

Sabeni bertanya kenapa Doel tak kuliah dan justru menarik oplet. Doel menjawab santuy sembari memperbaiki mesin oplet tua berwarna biru itu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Lo tadi pagi-pagi ngapain pulang, Doel?" kata Sabeni dalam sebuah bagian Si Doel.

"Enggak ada kelas, Beh," ucap Rano memerankan Si Doel.

"Enggak ada kelas? Pegimane urusannye? Emang kelas lo ke mana? Rubuh?" ucap Sabeni.

Lalu Doel menjelaskan dosennya sedang ada agenda mengajar di kampus lain. Sabeni justru salah mengerti lagi. Kali ini dia mengira "dosen" adalah nama pembimbing Doel di kampus.

Doel nan geram dengan perbincangan itu pun memutuskan meninggalkan Sabeni. Dia meninggalkan opelet tua itu dengan kap depan tetap terbuka.

Doel berkata, "Udah percuma ngomong sama Babeh, susah ngertinya."

"Eh Doel, makanya gue sekolahin lo agar pinter. Jangan tolol kayak gue. Jangan hanya jadi supir oplet aja lo. Jadi dong gubernur gitu," jawab Sabeni.

Sabeni juga pernah menyampaikan wasiat kepada Doel setelah lulus kuliah. Dalam sebuah episode, Doel mengabari ayahnya tentang panggilan kerja dari luar kota.

Sabeni tak merestui anaknya untuk bekerja di tengah laut. Menurutnya, Jakarta adalah kota nan paling tepat untuk mencari pekerjaan.

"Kagak, pokoknya kagak. Orang dari mana-mana datang ke mari, ke Jakarta, cari rezeki, malah elo mau lari ke tengah lautan," ucap Sabeni.

Ia menambahkan, "Eh Doel, gue kasih tahu sama lo. Lo kan orang Betawi, anak Betawi, mestinya lo bangun nih kota Betawi nih, lu jaga kota Betawi ini."

[Gambas:Instagram]

Rano Karno mengenang kembali perbincangan itu. Dia mengunggah foto berbareng bakal calon gubernur DKI Jakarta Pramono Anung dengan merujuk kalimat Sabeni.

"Eng ing eng....Kayaknya angan Babeh Sabeni (Benyamin S) kejadian, nih!" tulis Rano Karno sebagai takarir foto tersebut di Instagram, Selasa (27/8).

Saat mendaftar ke KPU DKI, Rano bersama Pramono pun membawa kenangan Sabeni. Oplet biru nan menjadi icon movie Si Doel Anak Sekolahan itu menjadi saksi bisu awal perjalanan pasangan tersebut berkompetisi di merebutkan bangku DKI 1.

Keduanya berangkat berbareng menaiki oplet biru menuju KPUD Jakarta di Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat. Tampak rombongan juga diarak oleh Tanjidor, perangkat musik unik Betawi dan ornamen Betawi lainnya.

Keduanya juga tampak kompak menggunakan busana budaya Betawi komplit dengan sorban dan peci hitam.

(dhf/isn)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional