Paskibraka dari Riau, Sulteng dan NTB Pakai Jilbab saat Latihan Hari Ini

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 14 Agu 2024 15:00 WIB

Tiga personil paskibraka mengenakan jilbab saat gladi kotor kedua di IKN hari ini, berbeda saat pengukuhan oleh Jokowi tak ada satu pun nan mengenakan hijab. Anggota Paskibraka 2024 berbanjar seusai dikukuhkan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Selasa (13/8/2024). (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)

Jakarta, CNN Indonesia --

Tiga anggota paskibraka wanita terlihat memakai jilbab hitam saat latihan alias gladi kotor kedua upacara peringatan HUT ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Rabu (14/8).

Mereka ialah Zahra Aisyah Aplizya dari Sulawesi Tengah, Amna Kayla dari Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Kamilatun Nisa dari Riau.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Penampilan mereka itu berbeda saat hari pengukuhan Paskibraka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara IKN, Selasa (13/8).

Dalam momen foto dan video nan diunggah oleh Biro Pers Sekretariat Presiden, tidak ada satu pun personil Paskibraka wanita dari 38 provinsi Indonesia nan memakai jilbab.

Hal itu pun memicu polemik belakangan lantaran diduga pasukan Paskibraka 2024 wanita berakidah Islam diwajibkan mencopot jilbab.

Pengurus Pusat Purna Paskibraka Indonesia (PPI) menyebut ada 18 dari 76 personil paskibraka 2024 nan mengenakan jilbab.

Namun, pada saat pengukuhan nan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), tak ada satu pun personil paskibraka wanita nan mengenakan jilbab.

"Padahal ada 18 dari utusan provinsi nan sejak awal mereka datang mengenakan jilban. Makanya teman-teman dari provinsi juga pada protes semua dan hari ini kita menyatakan sikap," kata Wasekjen PPI Irwan Indra kepada wartawan, Rabu (14/8).

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah Cholil Nafis memprotes keras mengenai dugaan pelarangan penggunaan jilbab bagi petugas Paskibraka wanita berakidah Islam nan bekerja pada peringatan hari jadi Indonesia 2024.

Cholil menilai dugaan pelarangan jilbab itu sebagai corak kebijakan nan tidak Pancasilais. Bila larangan jilbab bagi Paskibraka Nasional itu betul diberlakukan, Cholil mendesak segera dicabut.

Jika tidak ada kebebasan dalam berjilbab, dia menyarankan sebaiknya para peserta Paskibraka wanita nan awalnya berjilbab untuk pulang saja.

"Atau pulang saja adik-adik nan berjilbab jika dipaksa kudu membuka jilbabnya," ujarnya.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menyatakan bakal meminta penjelasan dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengenai dugaan pelarangan penggunaan jilbab itu.

Dito menjelaskan Paskibraka sejak 2022 lampau sudah ditarik menjadi kewenangan dibina oleh BPIP.

CNNIndonesia.com telah berupaya menghubungi BPIP untuk meminta konfirmasi. Namun hingga buletin ini ditulis nan berkepentingan belum memberikan jawaban.

(khr/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional