Pasukan Bawah Tanah Jokowi Adukan Roy Suryo ke Polisi Terkait Fufufafa

Sedang Trending 1 hari yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 27 Sep 2024 19:01 WIB

Pakar telematika Roy Suryo diadukan pasukan Jokowi ke Bareskrim Polri usai menyebut Gibran Rakabuming sebagai pemilik akun Fufufafa. Roy Suryo diadukan ke polisi usai sebut akun fufufafa milik Gibran Rakabuming. (dok istimewa)

Jakarta, CNN Indonesia --

Pakar telematika Roy Suryo diadukan ke Bareskrim Polri mengenai dugaan penyebaran bohong namalain hoaks buntut pernyataan yang menyebut putra Presiden Joko Widodo sekaligus Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming sebagai pemilik akun Fufufafa.

Aduan masyarakat itu dilakukan oleh Sekretaris Jenderal Pasukan Bawah Tanah (Pasbata) Jokowi, Budianto ke Bareskrim Polri pada Jumat (27/9). Ia lantas Roy Suryo dapat membuktikan klaimnya dalam kurun waktu 1x24 jam.

"Saya minta dia untuk bisa membuktikan 1x24 jam apa saja buktinya sehingga dia bisa menyampaikan perihal tersebut lantaran ini membikin kita resah, gelisah," ujarnya pada wartawan di Bareskrim Polri, Jumat (27/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selain penyebaran buletin bohong, Budianto menilai Roy Suryo dengan sengaja membikin keonaran pada detik-detik akhir masa kedudukan Jokowi sebagai presiden.

Ia menduga Roy sedari awal memang bermaksud untuk mengganggu proses pelantikan Gibran Rakabuming selaku Wakil Presiden terpilih nan tinggal menghitung hari.

"Harusnya Pak Jokowi landing dengan smooth, diganggu-ganggu dan juga Mas Gibran selaku Wakil Presiden nan sudah jelas dipilih oleh rakyat 58 persen," jelasnya.

"Tentunya ini kita semestinya sebagai anak bangsa dan Roy Suryo adalah senior nan baik, memberikan contoh nan baik bukan membikin gaduh," imbuhnya.

Dalam aduannya itu, Budianto menduga Roy Suryo telah melanggar Pasal 27 dan Pasal 28 UU ITE mengenai penyebaran buletin bohong.

Warganet sempat ramai membicarakan dugaan Gibran pernah mengolok-olok Prabowo melalui akun Kaskus. Sejumlah netizen mengunggah tangkapan layar beberapa postingan akun fufufafa di Kaskus.

Akun itu menyindir Prabowo lewat tulisan, "Kasihan capres yg anaknya fashion designer h***." Postingan itu diunggah 17 September 2017. Adapula tulisan, "Istri pisah anak h*** Trus mau lebaran sama siapa?" Tulisan itu diunggah 19 Juni 2018.

Warganet menduga akun itu milik Gibran. Hal itu disimpulkan dari salah satu postingan fufufafa nan menyebut akun Twitter miliknya adalah @rkgbrn.

Akun Twitter itu pernah di-mention oleh akun @kaesangp milik Kaesang Pangarep, adik Gibran, pada 24 Juni 2012 di Twitter. Namun, cuitan itu telah dihapus.

(tfq/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional