PDIP Bakal Cegah Ridwan Kamil Lawan Kotak Kosong di Pilgub Jakarta

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 09 Agu 2024 10:48 WIB

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto tak merasa partainya ditinggal sehingga mempunyai ruang mobilitas nan sempit untuk menjalin koalisi di Pilkada 2024, termasuk Jakarta. Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan partainya bakal mencegah kesempatan politikus Golkar Ridwan Kamil melawan kotak kosong di Pilgub DKI Jakarta 2024. (CNN Indonesia/Loamy)

Jakarta, CNN Indonesia --

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan partainya bakal mencegah kesempatan politikus Golkar Ridwan Kamil melawan kotak kosong di Pilgub DKI Jakarta 2024.

"Untuk Jakarta kotak kosong sebenarnya dalam konteks kerakyatan kita itu suatu nan kudu dicegah," kata Hasto saat mendampingi Megawati Soekarnoputri mengunjungi pameran seni rupa di Galeri Nasional, Kamis (8/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menurut Hasto, tetap ada kesempatan agar kotak kosong tidak terjadi di Pilgub DKI Jakarta. Menurutnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) biasanya bakal memberikan waktu tambahan sehingga memungkinkan ada perubahan konstelasi.

"Belum terancam, tetap ada peluang. Karena kelak jika misalnya ada indikasi kotak kosong pun KPU bakal memberikan perpanjangan biasanya. Di situlah bisa terjadi perubahan konstelasi," ucap dia.

Di sisi lain, Hasto tak merasa partainya ditinggal sehingga mempunyai ruang mobilitas nan sempit untuk menjalin koalisi di Pilkada. Ia menyebut semuanya tetap berjuntai pada pedoman support masyarakat.

Di beberapa wilayah, lanjut Hasto, koalisi alias kerja sama dengan partai lain melangkah dengan baik. Hanya beberapa wilayah strategis terutama di tingkat provinsi, Hasto mengakui pihaknya tetap mencari solusi.

"Hanya di tingkat provinsi di beberapa wilayah provinsi nan masuk kategori strategis, kan ada kepentingan-kepentingan tertentu nan kudu dihitung-hitung, nan kudu dicermati, dan itu lah nan kelak bakal jadi bagian dari solusi," ujarnya.

Peluang kotak kosong di Pilgub Jakarta saat ini terbuka lebar usai Anies Baswedan nyaris dipastikan ditinggal partai pengusungnya seperti PKS dan NasDem.

Masih ada PDIP dan PKB nan belum menentukan sikap. Namun, kedua partai itu hingga sekarang belum mengumumkan sikap mereka.

Sementara, PKS belakangan membuka kesempatan untuk mendukung Ridwan Kamil berbareng Koalisi Indonesia Maju (KIM). RK didukung kebanyakan partai seperti Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, hingga PSI.

(thr/fra)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional