PDIP Belum Umumkan Anies-Rano Karno Sebagai Paslon di Jakarta Hari Ini

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 26 Agu 2024 14:20 WIB

Anies Baswedan sempat berpamitan minta angan ke ibunya sebelum bertolak ke DPP PDIP, namun belakangan dia tak terlihat di letak pengumuman partai banteng itu. Anies Baswedan batal diumumkan PDIP sebagai bakal calon Gubernur DKI Jakarta untuk Pilkada 2024 pada Senin (26/8) ini. (ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)

Jakarta, CNN Indonesia --

Anies Baswedan belum diumumkan PDIP sebagai bakal calon Gubernur DKI Jakarta untuk Pilkada 2024 pada Senin (26/8) ini. Tak dijelaskan argumen kenapa deklarasi support itu batal dilakukan.

Namun hingga akhir aktivitas pembacaan calon kepala wilayah dan wakil kepala wilayah nan diusung, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto tak menyebut nama Anies maupun provinsi DKI Jakarta.

Pantauan CNNIndonesia.com, Anies juga tak terlihat di letak pengumuman di markas DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dalam aktivitas ini PDIP hanya mengumumkan enam provinsi ialah Jawa Tengah, Sumatera Barat, Banten, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara.

Anies sebelumnya telah berpamitan dan memohon angan kepada sang ibu sebelum berangkat ke instansi DPP PDIP di Jakarta siang ini. Dalam foto nan dibagikan, Anies tampak mengenakan batik berwarna merah.

Anies disebut-sebut bakal diduetkan dengan eks Gubernur Banten Rano Karno untuk maju di Pilgub DKI Jakarta. Pasangan ini diusung PDIP, Partai Hanura, Partai Buruh, dan Partai Ummat.

Adapun nama Anies kembali menguat di Pilgub DKI Jakarta 2024 setelah adanya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) nomor 60/2024.

Dengan putusan itu, periode pemisah pencalonan kepala wilayah diubah hanya dalam rentang 6,5 sampai 10 persen, tergantung jumlah daftar pemilih di wilayah tersebut. Partai alias campuran partai nan tidak mempunyai bangku di DPRD pun bisa mengusung paslon selama memenuhi periode pemisah itu.

PDIP nan punya 14 persen bunyi di DPRD pun bisa mengusung paslon sendiri. Partai ketua Megawati Soekarnoputri itu sebelumnya ditinggalkan partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus nan mengusung Ridwan Kamil.

(thr/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional