PDIP Hati-hati Pertimbangkan Anies-Sohibul, Tetap Prioritaskan Kader

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Sabtu, 29 Jun 2024 19:30 WIB

PDIP tetap berhati-hati dan mempertimbangkan secara seksama mengenai pencalonan Anies Baswedan-Sohibul Iman (AMAN) oleh PKS. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan partainya tetap berhati-hati dan mempertimbangkan secara seksama mengenai pencalonan Anies Baswedan-Sohibul Iman (AMAN) oleh PKS. (CNN Indonesia/Farid)

Jakarta, CNN Indonesia --

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristianto mengatakan partainya tetap berhati-hati dan mempertimbangkan secara seksama mengenai pencalonan paket pasangan Anies Baswedan-Sohibul Iman (AMAN) oleh PKS.

"Jakarta sangat strategis, sehingga partai berhati-hati mempertimbangkan dengan saksama," kata Hasto saat meninjau persiapan puncak peringatan Bulan Bung Karno di area Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (29/6).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hasto memastikan tetap memprioritaskan kader-kadernya untuk maju di Pilkada DKI Jakarta. Ia mengatakan PDIP merupakan partai kader nan terus mendorong kader-kadernya melalui proses pelembagaan partai.

Terlebih, dia menganggap Jakarta sebagai provinsi nan strategis mengenai peranannya pada dinamika politik dan perekonomian nasional.

"Sehingga skala prioritas utama adalah kader partai nan kita sorong baru kemudian dibuka suatu ruang," kata dia.

Di sisi lain, Hasto mengakui pasca Pilpres 2024 terjadi pergeseran koalisi. Ia pun meyakini pergeseran ini nantinya bakal mengikuti dinamika di wilayah jelang Pilkada.

Hasto juga mengakui nama Anies banyak disuarakan jelang Pilkada DKI Jakarta. Terlebih, Ketua DPP PDIP Puan Maharani juga sudah menyanjung Anies sosok nan menarik.

"Sehingga dari pernyataan Mbak Puan kami terus lakukan, kami kembangkan untuk mendengarkan komitmen akar rumput dan gimana bunyi dari kebinekaan kita kudu betul-betul diperhatikan," kata dia.

PKS belakangan ini sedang mencari partai politik untuk menjadi rekan koalisi setelah mendeklarasikan duet Anies-Sohibul Iman sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur pada Pilkada Jakarta 2024.

Presiden PKS Ahmad Syaikhu turut menugaskan Anies mencari partai koalisi sebagai syarat maju di Pilgub DKI Jakarta 2024. PKS tetap butuh tambahan empat bangku lagi untuk mengusung Anies.

(rzr/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional