PDIP Jatim soal Siapa Penantang Khofifah-Emil: Tunggu Akhir Juli

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Surabaya, CNN Indonesia --

PDI Perjuangan (PDIP) mengaku bakal mengumumkan calon gubernur dan wakil gubernur nan diusungnya di Pilkada Jawa Timur pada akhir Juli 2024 ini. Mereka bakal menantang calon petahana Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak.

Hal itu diutarakan Sekretaris DPD PDIP Jatim Sri Untari di tengah aktivitas Bincang Politik Pilgub Jatim Mencari Penantang Khofifah-Emil nan digelar Pokja Grahadi, Surabaya, Rabu (10/7).

"Tunggu akhir Juli ya," ucap Untari di penghujung sesi diskusi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dia mengatakan pengumuman PDIP siapa penantang Khofifah-Emil di akhir Juli itu bukan tanpa alasan. Sebab, kata dia, DPD PDIP Jatim tengah sibuk menata persiapan Pilkada di 38 kabupaten/kota.

Menurut Untari, dinamika di pilkada kabupaten/kota juga tak kalah bergerak dibanding pilkada provinsi. Karena, DPD PDIP Jatim tengah membagi konsentrasinya.

"Memang kita sedang konsentrasi konsentrasi di kabupaten/kota. Jujur sedang seperti itu, dan dinamikanya tinggi di masing-masing kabupaten kota, butuh telaah, butuh kajian," ujarnya.

Untari menyebut masing-masing DPC PDIP di beragam wilayah juga melakukan penjaringan tahap satu untuk mengusulkan alias rekomendasi pada gelaran Pilgub Jatim.

Dia nan juga Ketua Fraksi PDIP di DPRD Jatim itu mengatakan penjaringan aspirasi itu dilakukan ke internal partai, para akademisi, hingga ke para ulama.

Hal itu, kata Untari, dilakukan agar mendapat calon terbaik untuk penantang Khofifah-Emil nan diusung Partai Banteng.

"Semuanya kita dengerin, jadi ini proses nan cukup berat. Supaya bisa mendapatkan calon nan baik, tidak hanya sekedar," ungkapnya.

Tidak hanya itu, PDIP juga sudah melakukan komunikasi dengan sejumlah partai politik lain nan belum mengusung Khofifah-Emil di Pilgub Jatim, termasuk dengan ketua PKB, ialah Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

"Komunikasi politik dengan PKB sudah dibuka, dengan Cak Imin dengan Gus Halim. Kemudian, yak opo nek mau berangkat (bagaimana jika mau berangkat di Pilgub), gitu itu sudah ada. Tetapi belum sampai pada nan serius duduk bareng nan sampai memutuskan, calon siapapun," tuturnya.

Untari menegaskan, sesudah melewati beragam tahapan dan prosedur partai, pihaknya bakal segera mengumumkan sosok nan bakal diusung di Pilgub Jatim mendatang.

"Akhir Juli itu kita survei. Maka kita lihat, potensi jika kita nantang [Khofifah-Emil] misalkan ya, sampai seberapa sih [potensi menang]," katanya.

(frd/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional