PDIP Kritik Jokowi soal Istana Bau Kolonial: Sakarep Raja Nusantara

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 13 Agu 2024 21:07 WIB

Ketua DPP PDIP Deddy Sitorus heran ketika Jokowi baru menyadari Istana Kepresidenan Jakarta dan Istana Bogor berbau kolonial. Presiden Jokowi menyebut Istana Kepresidenan Jakarta dan Istana Bogor berbau kolonial. (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua DPP PDIP Deddy Sitorus mengkritik pernyataan Presiden Joko Widodo nan menganggap Istana Kepresidenan Jakarta dan Istana Bogor berbau kolonial.

Ia merasa heran ketika Jokowi baru menyadari perihal ini setelah nyaris 10 tahun menjabat sebagai presiden.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Yailah pak, masa sudah 10 tahun baru tahu itu berbau kolonial Belanda. Semua juga tahu. Anak SD juga tahu itu peninggalan Belanda. Dan kita pakai sebagai bukti sejarah bahwa jika kita sudah berdaulat," kata Deddy dalam akun media sosial Tiktok miliknya @deddysitorus1970.

Deddy merasa asing dengan pernyataan Jokowi tersebut. Ia mengatakan kebenaran bahwa Istana Kepresidenan Jakarta dan Istana Bogor merupakan peninggalan Belanda.

"Masa Istana Negara mau dibongkar, Istana Bogor mau dibiarkan terbengkalai," kata dia.

Deddy menjelaskan banyak peninggalan Belanda di Indonesia selain Istana Negara. Ia mencontohkan banyak jalan dan kota-kota di Indonesia juga berkembang sejak era Belanda.

Ia turut menyinggung banyak istilah dalam norma nan berasal dari bahasa Belanda.

"Apa kita tak usah pakai kata kulkas, toko obat nan semua berbau Belanda? Di dalam norma banyak sekali istilah norma kita berasal dari bahasa Belanda. Peninggalan Belanda. Mau diapakan? Dibuang juga? nan jelas lah. Tapi sudahlah sakarep (terserah) Bapak. Mumpung jadi raja Nusantara," kata Deddy.

Jokowi sebelumnya menyebut Istana Negara Jakarta sempat dihuni pemerintah kolonial pada masa kepemimpinan Gubernur Jenderal Pieter Gerardus van Overstraten.

Kemudian di Istana Merdeka Jakarta dihuni oleh Gubernur Jenderal Johan Wilhelm van Lansberge, serta Istana Kepresidenan di Bogor dihuni oleh Gubernur Jenderal GW Baron van Imhoff.

"Jadi bau-baunya kolonial, selalu saya rasakan, setiap hari dibayang-bayangi," kata Jokowi dalam video nan diunggah kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (13/8).

Jokowi kemudian berambisi Indonesia mempunyai gedung Istana negara nan merupakan hasil produk anak bangsa melalui pembangunan Istana di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kalimantan Timur.

(rzr/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional