PDIP Nilai Kaesang ke KPK Klarifikasi Jet Pribadi Cuma Gimik

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 18 Sep 2024 13:52 WIB

Politisi PDIP Deddy Sitorus menilai kehadiran Kaesang Pangarep ke gedung KPK hanya gimik. Politisi PDIP Deddy Sitorus menilai kehadiran Kaesang Pangarep ke gedung KPK untuk penjelasan soal jet pribadi hanya gimik. (ANTARA FOTO/RENO ESNIR)

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua DPP PDIP Deddy Yevry Sitorus menilai kehadiran putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, ke gedung KPK hanya gimik.

Menurutnya, Kaesang bisa saja terang-terangan kepada publik soal penumpang jet pribadi dalam perjalanan menuju Amerika Serikat (AS) itu.

"Kalau menurut saya itu gimik saja. Karena jika betul dia hanya nebeng, tunjukin dong manifes pesawatnya, manifes penumpang," kata Deddy lewat sambungan telepon, Rabu (18/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Deddy meminta KPK untuk menunjukkan bukti ke publik mengenai keberangkatan Kaesang ke AS. Jika tidak, kata dia, KPK hanya dipakai untuk membersihkan gambaran Kaesang.

"Harusnya KPK tunjukin dong ini penjelasan dari Kaesang betul dia hanya diajak nebeng. Ini manifes penumpangnya. Ini cap imigrasinya nan ada di pesawat, ini lho fotonya, itu klir," ucap dia.

Kaesang mendatangi instansi KPK pada Selasa (17/9). Ia didampingi Jubir Francine Widjojo, Kuasa Hukum Nasrullah, dan Wakil Menteri ATR/BPN sekaligus Sekretaris Jenderal PSI Raja Juli Antoni.

Dalam perihal ini, Kaesang terseret kasus dugaan gratifikasi lewat akomodasi jet pribadi. Dugaan gratifikasi itu mulanya terungkap dari unggahan sang istri, Erina Gudono, di akun IG @erinagudono.

Erina membagikan foto perjalanannya ke AS dan style hidup mewahnya saat tiba di sana. Pesawat nan digunakan Erina dan Kaesang diduga merupakan jet pribadi lantaran mempunyai corak jendela pesawat nan berbeda dari biasanya.

Sejumlah pihak menduga Kaesang menggunakan jet pribadi Gulfstream G650E milik Garena, perusahaan asal Singapura.

KPK kemudian mengungkapkan Kaesang ikut serta namalain nebeng jet pribadi sang kawan berinisial Y menuju AS pada 18 Agustus 2024. Hal ini berasas keterangan Kaesang saat memberikan klarifikasi.

KPK bakal mendalami lebih lanjut info dari Kaesang. Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan pun menyatakan tak mengetahui apakah Y merupakan WNI alias WNA.

Selain itu, Pahala juga tetap belum mengetahui pasti siapa pemilik jet pribadi nan membawa Kaesang dan rombongan ke AS.

(mnf/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional