PDIP Resmi Usung Andika Perkasa-Hendrar Prihadi di Pilgub Jateng 2024

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

BREAKING NEWS

CNN Indonesia

Senin, 26 Agu 2024 13:59 WIB

PDIP resmi mengumumkan nama mantan Panglima TNI Andika Perkasa dan Hendrar Prihadi sebagai pasangan Cagub-Cawagub di Pilkada Jawa Tengah 2024. Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri resmi mengumumkan nama mantan Panglima TNI Andika Perkasa sebagai calon gubernur di Pilkada Jawa Tengah 2024. CNN INDONESIA/Safir Makki

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri resmi memberikan rekomendasi untuk mantan Panglima TNI Andika Perkasa dan Hendrar Prihadi sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur di Pilkada Jawa Tengah 2024.

Nama Andika diumumkan oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto pada gelombang kedua pengumuman daftar calon kepala wilayah nan diusung PDIP di instansi DPP PDIP, Jakarta, Senin (26/8). 

"Dari Provinsi Jawa Tengah, Jenderal TNI Purn Andika Perkasa dan Hendrar Prihadi," ujar Hasto.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sinyal Andika bakal diusung PDIP di Jateng sebelumnya sempat disampaikan sejumlah elite PDIP, termasuk Hasto hingga Ganjar Pranowo.

Menurut Ganjar kesempatan Andika untuk diusung maju terutama lantaran dia saat ini merupakan kader PDIP. Alasan lain, dia mempunyai latar belakang militer sehingga berpotensi disiapkan untuk melawan Ahmad Luthfi nan berlatar polisi dan didukung oleh KIM.

"Bahwa ada background itu mungkin bisa menjadi pertimbangan tapi nan utama bukan itu, lantaran Pak Andika sekarang masuk PDIP, dia anggora," kata Ganjar.

Eks capres PDIP itu memperkirakan kontestasi elektoral di Jawa Tengah bakal semakin menarik jika partainya betul bakal mengusung Andika Perkasa.

Andika merupakan mantan Panglima TNI nan pada Pilpres 2024 lampau resmi berasosiasi dengan PDIP. Ia merupakan menantu dari eks Kepala BIN AM Hendropriyono.

Andika kemungkinan besar bakal berkompetisi di Pilgub Jateng melawan Ahmad Luthfi yang sudah diusung oleh Partai Gerindra.

Gerindra memasangkan Luthfi dengan politikus PPP Taj Yasin Maimoen di Pilgub Jateng.

Keputusan Gerindra tersebut dengan demikian menggugurkan rencana mereka mengusung putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep sebagai Cawagub Jateng lantaran belum cukup umur untuk ikut melenggang di Pilkada 2024.

(thr/fra)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional