Pemerintah Kaji Cara India-Kanada Kelola Pusat Data

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 28 Jun 2024 19:27 WIB

Menpan-RB Abdullah Azwar Anas mengatakan Kanada dan India kerap dijadikan contoh negara-negara lain dalam mengelola pusat data. Menpan-RB Abdullah Azwar Anas mengatakan Kanada dan India kerap dijadikan contoh negara-negara lain dalam mengelola pusat data.(CNN Indonesia/Khaira Ummah)

Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah mengkaji pengelolaan pusat info nasional (PDN) nan dilakukan India dan Kanada usai Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 diserang peretas lebih dari sepekan.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas mengatakan pengelolaan PDN di dua negara itu adalah tolok ukur di dunia.

"Saya tadi menyampaikan benchmark di beragam negara, gimana tata kelola pengelolaan pusat info nasional kita, kita ada di Kanada, India, dan beragam negara, rupanya ada unit unik nan secara tata kelola kelembagaan mengurus ini," kata Anas setelah rapat tentang PDN dengan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (28/6).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kemenpan RB, kata Anas, telah membikin unit penyelenggaraan teknis pengelolaan PDN. Unit itu bakal mematangkan kajian pengelolaan PDN merujuk ke sejumlah negara.

Dia berbicara PDN Indonesia tetap bakal diluncurkan akhir tahun ini. Menurutnya, serangan terhadap PDNS tak mempengaruhi rencana itu.

"Ini kan baru PDNS ya, Pusat Data Nasional Sementara, kita sedang siapkan Pusat Data Nasional nan bakal di-launching di akhir tahun," ujar Anas.

Dia menolak berkomentar lebih lanjut mengenai PDN. Anas mengatakan persoalan serangan ransomware Terhadap PDNS disampaikan pemerintah melalui satu pintu.

Sebelumnya, PDNS Indonesia diserang golongan peretas Lockbit 3.0 sejak 20 Juni. Hingga saat ini, pemerintah belum bisa mengambil alih PDNS.

Peretas meminta tebusan hingga Rp131 miliar. Akan tetapi, pemerintah menolak memberikan duit itu.

(dhf/bmw)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional