Pemerintah Umumkan Jemaah Umrah Kini Wajib Vaksin Meningitis

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 15 Jul 2024 15:23 WIB

Kementerian Agama menyatakan vaksin meningitis sekarang diharuskan bagi seluruh jemaah nan mau menunaikan ibadah umrah. Vaksin meningitis sekarang wajib untuk jemaah umroh Indonesia. (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)

Jakarta, CNN Indonesia --

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Hilman Latief memastikan vaksin meningitis diharuskan bagi seluruh jemaah nan mau menunaikan ibadah umrah.

Ia mengatakan keputusan tersebut berasas sudah ada info dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Sudah ada info dari Kemenkes bahwa ini jemaah umrah diharuskan menggunakan vaksin meningitis. Saya kira sudah ada jawabannya," kata Hilman di Hotel Aryaduta, Jakarta, Senin (15/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dikutip di laman resmi Balai Besar Kekarantinaan Kesehatan Soekarno-Hatta Kemenkes, Kemenkes mengeluarkan Surat Edaran Nomor HK.02.02/A/3717/2024 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Meningitis bagi Jamaah Haji dan Umrah pada 11 Juli 2024.

Kemenkes menerapkan vaksin meningitis merupakan suatu tanggungjawab bagi mereka nan datang ke Arab Saudi dengan menggunakan visa haji dan umrah. Hal ini berasas nota diplomatik Kedutaan Kerajaan Arab Saudi tanggal 20 Mei 2024 melalui Kementerian Luar Negeri nomor 211-4239.

Pemerintah Arab Saudi telah memperbarui ketentuan kesehatan pada jamaah haji dan umrah melalui 'Umrah Health Requirements and Recommendations for Travelers to Saudi Arabia for Umrah - 1445 H (2024)'.

Persyaratan ini sebagai bagian dari upaya pemberian perlindungan khususnya pada jamaah nan mempunyai komorbid, sekaligus pencegahan terhadap penyakit menular.

Pada 2022 lalu, Arab Saudi sempat tak mewajibkan para calon jemaah umrah untuk melakukan vaksinasi Meningitis jika hendak beragama umrah ke Arab Saudi.

(rzr/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional