Pemkab Labuhanbatu Utara Dukung Pengelolaan Sawit Berkelanjutan

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN INDONESIA AWARDS

CNN Indonesia

Kamis, 08 Agu 2024 15:38 WIB

Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara mendukung pengelolaan sawit berkepanjangan di wilayah tersebut melalui aktivitas SFITAL. Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara mendukung pengelolaan sawit berkepanjangan di wilayah tersebut melalui aktivitas Sustainable Farming in Tropical Asian Landscapes (SFITAL). Ilustrasi (ANTARA FOTO/BUDI CANDRA SETYA)

Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara mendukung pengelolaan sawit berkepanjangan di wilayah tersebut melalui aktivitas Sustainable Farming in Tropical Asian Landscapes (SFITAL).

Pemkab Labuhanbatu utara bekerja sama dengan World Agroforestry (ICRAF) dan Masyarakat Agroforestri Indonesia (MAFI). Salah satu konsentrasi utama dari program ini adalah peningkatan kapabilitas dan kapabilitas perkebunan kelapa sawit.

Program ini bermaksud meningkatkan pengetahuan dan keahlian pekebun sawit serta penyuluh dalam menerapkan budidaya kelapa sawit sesuai dengan standar Good Agricultural Practices (GAP) Nasional nan diusulkan oleh Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bupati Labuhanbatu Utara Hendri Yanto Sitorus mengeluarkan Surat Keputusan Bupati Labuhanbatu Utara Nomor: 500.8/617/DIPERTA/RAD-KSB/IX/2023. Dalam surat itu, terdapat 7 Desa Percontohan dalam menjalankan program tersebut.

Keputusan ini dilanjutkan dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Labuhanbatu Utara Nomor: 500.8/1618/DIPERTA/2023, nan menetapkan petugas pendamping desa percontohan di 7 desa tersebut.

Pemkab Labuhanbatu Utara juga beberapa kali mengadakan training Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO) Pekebun.

Pelatihan ISPO Pekebun bermaksud untuk memberikan pengetahuan dan keahlian kepada para pekebun tentang gimana menerapkan praktik pertanian kelapa sawit nan berkepanjangan sesuai dengan standar ISPO.

Ini adalah bagian dari upaya berkepanjangan untuk mempromosikan pertanian nan ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Pemkab Labuhanbatu Utara sudah memberikan training kepada Gapoktan Sumber Rezeki Desa Pulo Jantan; Poktan Meranti dan Gapoktan Sahata Saoloan Desa Silumajang Kecamatan NA IX-X; Koperasi Simonis dan Poktan Bergiat Desa Simonis.

Kemudian Poktan Sejahtera Jaya Desa Kampung Yaman; Poktan Pandan Wangi Desa Terang Bulan Kecamatan Aek Natas; Poktan Subur dan Gapoktan Mujur Jaya Desa Bandar Selamat Kecamatan Aek Kuo; dan Gapoktan Beringin Jaya Desa Kuala Beringin, Kecamatan Kualuh Hulu.

Pelatihan ini untuk memberikan pemahaman kepada petani mengenai pentingnya Intercropping sebagai bagian dari ketahanan penghidupan petani sawit rakyat serta mengidentifikasi kebun belajar nan dapat digunakan untuk mencoba Intercropping alias agroforestri melalui penerapan GAP sawit nan baik dan ramah lingkungan.

Pemkab Labuhanbatu merupakan salah satu kandidat nan dinominasikan dalam CNN Indonesia Awards. Ajang penghargaan nan digelar CNN Indonesia ini bakal berjalan pada Jumat (9/8) di Medan, Sumatera Utara.

CNN Indonesia Awards di Medan ini merupakan arena penghargaan keempat. Sebelumnya, CNN Indonesia Awards telah digelar di Makassar, Bali, dan Palembang.

(tim/fra)

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional