Pendaftaran CPNS Diperpanjang hingga 10 September, Peruri Jamin Masalah e-Meterai Teratasi

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta Badan Kepegawaian Negara (BKN) memperpanjang masa pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) di portal SSCASN nan sebelumnya berhujung pada hari ini, Jumat, 6 September 2024 menjadi Selasa, 10 September 2024 pukul 23.59 WIB.

"Kendala teknis seperti pembelian dan pemanfaatan meterai elektronik (e-meterai) nan mengalami gangguan sehingga menghalang penyelesaian pendaftaran di portal. Hal menjadi aspek utama penyesuaian jadwal," kata Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen, di Jakarta, Kamis, 5 September 2024.

Selain masalah e-materai, optimasi pengisian susunan CPNS juga menjadi pertimbangan penyesuaian agenda pendaftaran. Pada tahun ini tersedia alokasi 250.407 susunan bagi 69 Instansi pusat dan 478 lembaga daerah.

Pemerintah lewat Panselnas mau memberi kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat untuk dapat berkompetisi pada perhelatan CPNS tahun ini.

Terhitung hingga 5 September 2024 pukul 08.00 WIB, jumlah pendaftar CPNS telah mencapai 2.922.336 orang. Jumlah submit/resume alias mengakhiri pendaftaran mencapai 1.011.148 pelamar.

"Untuk kelancaran pendaftaran, kami minta pelamar tidak mendaftar saat mendekati akhir pemisah waktu," ujarnya.

Menurut dia, kecenderungan pelamar nan mendaftar dengan sistem kebut semalam dapat menghalang nan berkepentingan menyelesaikan pendaftaran. Pelamar diminta untuk manfaatkan kesempatan waktu perpanjangan pendaftaran ini dengan maksimal.

Terhambat e-Materai

Dalam kesempatan terpisah, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengatakan bahwa pemerintah terus berkoordinasi dalam mencarikan solusi terbaik agar tidak ada pelamar seleksi CPNS nan dirugikan akibat terkendala pada e-meterai.

“Kami terus berkoordinasi dengan masalah nan terjadi di lapangan dengan Badan Kepegawaian Negara dan Peruri. Salah satu opsi nan pemerintah ambil adalah dengan memperpanjang masa pendaftaran Seleksi CASN hingga 10 September 2024 pukul 23.59 WIB,” kata Anas.

Dengan adanya perpanjangan waktu tersebut, Anas meminta seluruh pelamar dapat menyiapkan berkas pendaftaran dengan lebih seksama dan perincian agar tidak terjadi kesalahan.

Hal ini dilakukan sembari menunggu perbaikan mengenai pembelian dan pemanfaatan meterai elektronik.

Sementara itu, Direktur Utama Peruri Dwina Septiani Wijaya mengatakan bahwa pihaknya telah berupaya maksimal memulihkan jasa meterai elektronik nan mengalami lonjakan penggunaan cukup tinggi menjelang penutupan masa pendaftaran seleksi CPNS.
Hal ini mengakibatkan pelambatan hingga tidak dapat diaksesnya jasa meterai elektronik, namun sekarang jasa tersebut telah dapat diakses kembali.

“Saat ini jasa meterai elektronik untuk CPNS sudah dapat diakses kembali dan Peruri berkomitmen untuk memastikan kesiapan meterai elektronik bagi semua pelamar CPNS,” kata Dwina.

Uang Pembelian Akan Dikembalikan

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menjanjikan pengembalian biaya alias refund bagi para pembeli meterai elektronik (e-Meterai) melalui situs web Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri).

"Tentunya jika ada kerugian di sisi pengguna nan kemudian dia sudah bayar, tapi belum tereksekusi tentu kita bakal refund, pasti," kata Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, usai menghadiri sesi tematik Indonesia International Sustainability Forum (ISF) 2024, di Jakarta,

Namun mengenai kapan dilakukannya refund, Kartika mengatakan bakal melakukan obrolan lebih lanjut dengan Direktur Utama Perum Peruri.

Iklan

Lebih lanjut, dia mengakui bahwa kesulitan peserta CASN dalam membeli e-Meterai dikarenakan lonjakan pembeli nan mengakses website di waktu bersamaan. Hal ini mengakibatkan error pada server Peruri.

"Jadi memang kita terus meningkatkan kapabilitas digital kita di beragam BUMN termasuk Peruri. Peruri kan menjadi pemasok e-Meterai, memang kapabilitas kita kemarin terkendala saat terjadi antrian besar waktu orang mendaftar (CASN)," katanya.

Berkaca dari perihal tersebut, Tiko mengatakan pihaknya bakal segera melaksanakan pertimbangan besar-besaran terhadap akses digital Peruri.

"Memang ini kita evaluasi, kita sudah bicara dengan Dirut Peruri untuk dievaluasi, baik dalam proses pendistribusian e-Meterai maupun kapabilitas server dan keandalan daripada prasarana di Peruri sendiri," ujarnya.

Adapun Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) juga telah memastikan saat ini hambatan sistem e-Meterai nan terjadi untuk pendaftaran CASN sudah diatasi.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Prabunindya Revta Revolusi, mengatakan sekarang sistem nan dikelola oleh Peruri telah pulih dan kembali bisa diakses oleh para peserta CPNS 2024.

Hal itu juga telah diumumkan langsung oleh Peruri selaku penyelenggara sistem elektronik (PSE) nan dipercaya pemerintah untuk menangani sistem e-Meterai.

Berikut Penyesuaian Jadwal Seleksi Pengadaan CPNS 2024:

1. Pengumuman seleksi: 19 Agustus—10 September 2024;

2. Pendaftaran seleksi: 20 Agustus—10 September 2024;

3. Seleksi administrasi: 20 Agustus—17 September 2024;

4. Pengumuman hasil seleksi administrasi: 14—19 September 2024;

5. Konfirmasi penggunaan nilai SKD CPNS 2023 oleh peserta seleksi: 18—28 September 2024;

6. Masa sanggah: 20—22 September 2024;

7. Jawab sanggah: 20—24 September 2024;

8. Pengumuman pascamasa sanggah: 23—29 September 2024.

Pilihan Editor Dua Minggu Sebelum Wafat, Faisal Basri Soroti Indonesia nan Harus Berutang untuk Bayar Bunga

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis