Penjelasan PDIP Ganti Tia dan Rahmad Jadi Anggota DPR 2024-2029

Sedang Trending 1 hari yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Sabtu, 28 Sep 2024 06:30 WIB

Tia Rahmania dan Rahmad Handoyo bukan satu-satunya kasus perselisihan sengketa Pemilu nan diselesaikan di internal Mahkamah PDIP. Ketua DPP PDIP Bidang Kehormatan Partai, Komaruddin Watubun mengungkap argumen partainya mencopot Tia Rahmania dan Rahmad Handoyo sebagai personil DPR terpilih 2024-2029. (CNN Indonesia/Adi Ibrahim)

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua DPP PDIP Bidang Kehormatan Partai, Komaruddin Watubun mengungkap argumen partainya mencopot Tia Rahmania dan Rahmad Handoyo sebagai personil DPR terpilih 2024-2029.

Pencopotan Tia menuai polemik belakangan lantaran dikaitkan dengan kritik kerasnya ke Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron saat pembekalan para personil DPR terpilih di Lemhannas 22 September. Padahal, posisi Tia kala itu sudah dinyatakan bersalah dan telah dipecat dari partai lantaran terbukti melakukan penggelembungan suara.

Komaruddin pun membantah pergantian Tia lantaran caleg DPR dari Dapil Banten I bersuara keras di Lemhannas. Dia menyebut pergantian, termasuk Rahmad telah melalui sistem panjang sebelumnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kan nan saya lihat di media malah di belok-belokan seolah-olah lantaran dia kritis terhadap pertanyaan KPK, tidak ada kaitan itu. Jadi kudu diluruskan ya," kata Komar saat dihubungi, Kamis (26/9).

Komar menyebut Tia dan Rahmad bukan satu-satunya kasus perselisihan sengketa Pemilu nan diselesaikan di internal Mahkamah PDIP. Menurut dia, Mahkamah total menyidangkan 135 kasus perselisihan perolehan bunyi dan pelanggaran kode etik dan disiplin partai

Kasus nan disidangkan mulai dari level DPRD Kab/Kota, DPRD Propinsi, dan DPR RI. Dari 135 kasus, ada 11 perkara nan dikabulkan. Sementara di tingkat DPR, selain Tia kasus serupa juga terjadi pada Rahmad Handoyo nan diganti Didik Hariyadi dari Dapil Jateng V.

"Jadi, kasus itu bukan mereka dua saja. Itu ada juga di di DPR RI, kemudian (DPRD) kabupaten/kota, itu namanya sengketa internal partai. Jadi kan itu sengketa pileg kemarin, Pemilihan Legislatif 2024 itu," jelasnya.

Tia sekarang dipastikan kandas dilantik sebagai caleg DPR terpilih dari Dapil Banten I usai dirinya dipecat dari partai. Dia bakal digantikan oleh pesaing sekaligus kolega satu partainya di Dapil nan sama, Bonnie Triyana.

Sedangkan Rahmad bakal diganti Didik Hariyadi sebagai sesama caleg dari Dapil Jawa Tengah V.

Tia Rahmania lantas menggugat DPP PDIP ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat kemarin. 

(thr/fra)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional