Perang Bintang di Pilgub Jateng 2024, Andika Perkasa Hadapi Luthfi

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 26 Agu 2024 15:04 WIB

Mantan Panglima TNI Andika Perkasa bakal berhadapan dengan mantan Kapolda Jawa Tengah Komjen Ahmad Luthfi di Pilgub Jateng 2024. Ilustrasi Pilgub Jateng 2024 menhadapkan pasangan pensiunan TNI dan Polri. (iStock/Panuwat Dangsungnoen)

Jakarta, CNN Indonesia --

Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah (Jateng) 2024 bakal menjadi arena 'perang' purnawirawan jenderal bintang empat dan bintang tiga.

PDIP baru saja mengumumkan bakal mengusung Andika Perkasa berpasangan dengan Hendrar Prihadi. Andika adalah mantan Panglima TNI. Ia juga pernah menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Andika aktif di politik usai pensiun pada Januari 2023 lalu. Di Pilpres 2024, dia merupakan Wakil Ketua TPN Ganjar-Mahfud.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sebelum resmi diumumkan pada hari ini, Senin (26/8), nama Andika memang santer disampaikan PDIP sebagai bakal calon kepala wilayah nan bakal diusung.

Andika bakal melawan mantan Kapolda Jawa Tengah Komjen Ahmad Luthfi. Sejumlah partai di Koalisi Indonesia Maju seperti Gerindra, PAN hingga PSI telah menyatakan support terhadap Luthfi. Luthfi bakal dipasangkan dengan Taj Yasin Maimoen.

Meski telah didukung beberapa partai, Luthfi mengaku belum mengundurkan diri dari Polri.

"Kalau peraturannya kan setelah ada penetapan pasangan calon baru bisa mengundurkan diri. Belum (mengundurkan diri), daftar saja belum," kata Luthfi di DPP Partai Gerindra, Jakarta, Jumat (23/8).

Luthfi menyebut bakal mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 29 Agustus mendatang alias hari terakhir pendaftaran. Setelahnya, dia bakal mengundurkan diri dari lembaga Polri.

"Nanti setelah kita daftarkan, ini baru satu rekomendasi. Jadi B1 KWK baru satu, kelak tunggu tanggal mainnya setelah dari beberapa partai bakal mengusung kami," katanya.

(yoa/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional