Perang Bintang di Pilgub Jateng, Calon KIM Plus di Solo Berubah Total

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX
Daftar Isi

Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah calon kepala wilayah telah mendaftar di pemilihan kepala wilayah di Jawa Tengah pada Pilkada serentak 2024.

Dari Pilgub Jateng hingga pilkada di tingkat kabupaten/kota sejumlah bapaslon sudah mendaftar, ada nan mengejutkan dan ada nan sudah diprediksi sebelumnya.

Pilgub Jateng

Di tingkat provinsi, sebanyak dua pasangan calon gubernur-wakil gubernur bakal berkontestasi di Pilkada Jawa Tengah setelah KPU Jawa Tengah menutup pendaftaran pada Kamis (29/8) malam.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kedua pasangan nan bakal berkompetisi memperebutkan bangku Jateng 1 itu adalah Eks Panglima TNI Andika Perkasa-Hendrar Prihadi dan Komjen Ahmad Luthi-Taj Yasih Maimoen.

Andika dan Hendrar--eks Walkot Semarang nan sekarang jabat Kepala BPKM--adalah duo kader PDIP. Mereka diusung partai tersebut untuk maju mempertahankan 'kandang banteng'.

Sementara Luthfi-Taj Yasin disokong Gerindra, PAN, Golkar, Demokrat, PSI, PBB, Partai Buruh, Partai Garuda, PKN, serta Partai Rakyat Adil Makmur (Prima).

Luthfi adalah eks Kapolda Jawa Tengah nan sekarang menjadi Irjen Kemendag dengan pangkat Komisaris Jenderal (jenderal bintang tiga Polri). Sementara Taj Yasin adalah petahana eks Wakil Gubernur Jateng, dan juga putra dari almarhum ustadz Maimun Zubair.

Luthfi-Gus Yasin saat mendaftar ke KPU Jateng pun ikut dikawal putra sulung Presiden RI Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka. Bukan hanya ikut dalam konvoi rombongan, Gibran--yang juga wapres terpilih--pun mengawal sampai ke dalam instansi KPU Jateng di Semarang.

Pilwalkot Semarang

Di ibu kota Provinsi Jateng, dua bapaslon juga kemungkinan bakal berkompetisi dalam Pilwalkot Semarang.

Calon walikota-wakil walikota Semarang AS Sukawijaya namalain Yoyok Sukawi dan Joko Santoso telah mendaftar ke KPU Semarang Rabu (28/8) siang.

Pasangan ini didukung Koalisi Indonesia Maju Plus (KIM Plus) dengan total mengantongi 17 support partai politik.

Sembilan partai politik pemilik bangku pengusung Yoyok-Joko ialah Demokrat, Gerindra, PKB, PKS, PSI, Golkar, PAN, PPP, dan Nasdem.

Selain itu Yoyok-Joko juga didukung delapan partai nonparlemen ialah Partai Buruh, Perindo, Gelora, Garuda, Hanura, PKN.

Yoyok-Joko kemungkinan bakal berhadapan dengan calon PDIP, Agustina Wilujeng-Iswar Aminuddin.

Agustina-Iswar juga telah mendaftar ke KPU Semarang sebagai calon walikota dan wakil walikota Semarang pada Kamis (29/8) sore.

Agustina-Iswar diusung partai tunggal ialah PDIP.

Pilwalkot Solo

Sementara itu di Solo, penguasa Puro Mangkunegaran, KGPAA Mangkunegara X, Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo batal diusung KIM Plus untuk maju di pilkada kota tersebut.

Bhre sedianya bakal maju berpasangan dengan Sekar Tanjung, anak dari politikus senior Golkar Akbar Tanjung.

Nama Sekar didorong oleh Golkar. Namun sampai Senin (26/8), partai-partai KIM Plus belum sepakat soal siapa nan bakal mendampingi Bhre di Pilkada Solo. Di sisi lain PSI, PKB, PKS, PAN, dan PKS telah menerbitkan rekomendasi untuk pasangan Bhre - Astrid Widayani. Astrid adalah Rektor Universitas Surakarta (UNSA).

Pencalonan Bhre akhirnya batal setelah nan berkepentingan memutuskan mundur dengan argumen keluarga. Keputusan Bhre tak lama kemudian diikuti pengumuman mundur Sekar dari bursa calon wali kota Solo. 

Sebagai tukar Bhre dan Sekar, Gibran memberikan rekomendasi kepada KIM plus untuk mengusung keponakan politikus senior Golkar Akbar Tandjung, Respati Ardi.

Respati Ardi pun telah mendaftar ke KPU Solo berbareng bakal cawalkot Astrid Wirdayani pada Kamis (29/8) sore. Bhre terlihat ikut mengantar bapaslon itu untuk mendaftar ke KPU Solo.

Respati-Astrid mengantongi support dari 11 partai politik. Enam partai mempunyai bangku di DPRD ialah PKS, Gerindra, PSI, Golkar, PKB, dan PAN. Lima lainnya merupakan partai-partai nonparlemen ialah PPP, Demokrat, Perindo, Nasdem, dan Partai Prima.

Respati-Astrid bakal berhadapan dengan Teguh Prakosa-Bambang Gage sebagai calon walikota dan wakil walikota Solo nan mendaftar di menit-menit akhir sebelum pendaftaran ditutup.

Teguh nan merupakan Walikota petahana itu diusung partai tunggal ialah PDIP.

(mab/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional