Perkuat Satuan Siber, TNI Akan Prioritaskan Rekrut Sipil Paham IT

Sedang Trending 4 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 03 Sep 2024 17:33 WIB

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menyebut metode rekrutmen dan pendidikan bagi sipil nan hendak masuk satuan siber, bakal berbeda dengan satuan lain. Ilustrasi. TNI bakal memprioritaskan kalangan sipil untuk mengisi satuan siber. (Foto: iStockphoto)

Jakarta, CNN Indonesia --

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menyebut ke depan satuan siber berkemungkinan diisi oleh kebanyakan orang sipil berkekuatan teknologi info (IT) nan mumpuni.

"Memang jika siber itu kan beda dengan satuan-satuan lain ya, tadi saya bilang, jadi memang mungkin bakal lebih banyak orang sipilnya, ASN, nan kita pentingkan, kan, keahliannya," kata Agus di kompleks parlemen, Jakarta, Selasa (3/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Agus menekankan jejeran nan bakal mengisi satuan siber itu kudu mempunyai skill khusus.

Ia pun menyampaikan metode rekrutmen dan pendidikan mereka juga bakal berbeda dengan satuan lainnya.

Agus menyampaikan sekarang TNI telah mempunyai satuan-satuan siber. Ia menyebut bakal mengoptimalkan satuan nan telah ada.

Ia pun mengatakan sekarang tetap terus menimbang-nimbang pembentukan matra unik siber.

"Sedang kita pertimbangan kesatuan siber nan ada," ucapnya.

Isu pembentukan angkatan unik siber baru-baru ini dilontarkan Ketua MPR Bambang Soesatyo lewat pidato kenegaraan dalam sidang tahunan MPR pada Jumat (16/8).

Ia menilai pembentukan angkatan siber di Indonesia krusial. Bamsoet menyinggung peristiwa peretasan info nasional hingga keamanan siber Indonesia nan tetap rendah.

Ia juga menyinggung perkembangan militer bumi nan tak lagi mengutamakan kekuatan militer konvensional dengan mengedepankan kekuatan prajurit di lapangan.

"Sudah saatnya Indonesia segera mempersiapkan pembentukan matra keempat tentara nasional Indonesia dengan menghadirkan angkatan siber," kata Bamsoet saat itu.

(mnf/wis)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional