Perkumpulan Penyelenggara Jasa Boga Perjuangkan Pembuatan Produk Kuliner Khas Nusantara untuk Ekspor

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Solo - Perkumpulan Penyelenggara Jasa Boga Indonesia (PPJI) memperjuangkan pembuatan produk kuliner Nusantara nan dapat diekspor. Indonesia sudah memulainya dengan ekspor rendang dari Sumatera Barat.  

Wakil Sekretaris Jenderal PPJI Budi Syahmenan berambisi upaya PPJI tersebut mendapatkan support dari pemerintah berupa dibukanya kargo Garuda Indonesia nan lebih lebar sehingga pengiriman produk alias bahan bakunya bisa lebih banyak.

“Kami sudah acapkali menyampaikan kepada pemerintah, tolong diberi kesempatan agar bisa lebih lebar, kargo Garuda Indonesia, agar bahan baku kita bisa dikirim lebih banyak,” ujar Budi saat digelar konvensi pers penyelenggaraan Musyawarah Nasional alias Munas PPJI 2024 di Hotel Alana Solo, Jawa Tengah, Selasa, 7 Mei 2024.

Dengan perjuangan tersebut, Budi berambisi ke depan ada produk-produk kuliner jenis lainnya nan bisa diekspor seperti halnya rendang. Dia mencontohkan beragam produk kuliner Jawa Tengah beserta produk-produk turunannya. 

“Kami terus berjuang mencari cara, seperti di BPK Haji kita mulai dari produk makanan siap saji untuk haji,” ucap dia.

Budi menyatakan PPJI juga siap memberikan sosialisasi kepada para pelaku UMKM penyelenggara jasa boga agar bisa ekspor. 

Di sisi lain, Budi nan juga sebagai Ketua Panitia Munas PPJI 2024, mengatakan, Munas bakal berjalan selama tiga hari dimulai hari ini hingga 9 Mei 2024. Kegiatan tersebut menurutnya menjadi momentum krusial bagi perkembangan organisasi PPJI ke depannya dan dapat membuahkan hasil nan berfaedah bagi personil PPJI, masyarakat luas, bangsa dan negara. 

Iklan

Munas PPJI 2024 nan mengusung tema "Bergerak Maju Bersama PPJI untuk Indonesia" dihadiri oleh Dewan Kehormatan PPJI Ning Murniningsih, para Dewan Penaschat/Pembina, Ketua Umum PPJI Iden Gobel, Ketua DPD dari 24 provinsi dan DPC serta jejeran pengurusnya, dan para tamu undangan lainnya.

Agenda Munas PPJI 2024 ini juga menjadi arena silaturahmi dan pesta kerakyatan PPJI untuk memilih Ketua Umum PPJI Periode 2024-2029. Hadir pula pada kesempatan ini dua calon Ketua Umum PPJI Minerva Taran dengan nomor urut 01 dan Iden Gobel dengan nomor urut 02. Kedua calon umum terpilih PPJI ini telah melalui serangkaian proses seleksi.

Ketua DPD PPJI Jawa Tengah Lilik Agus Gunarto berambisi Ketua Umum PPJI terpilih nantinya dapat merangkul serta menawarkan buahpikiran dan pendapat untuk memajukan PPJI ke depannya. 

"Diharapkan juga dapat mendorong potensi wilayah dengan beragam programnya serta Bergerak Maju Bersama PPJI untuk Indonesia," kata Lilik.

Rangkaian aktivitas Munas dimulai dengan Welcome Dinner di Graha Saba Buana Solo dan pembukaan Munas dengan beragam intermezo nan dipersembahkan dari PPJI dan untuk PPJI. Pada hari kedua, Rabu, 8 Mei 2024, dilaksanakan agenda utama Munas dengan pembukaan Munas Sidang pleno dan Pemilihan Ketua Umum di Hotel Alana Solo. 

Pilihan Editor: Ikan Arsik dan Mie Gomak Khas Danau Toba Jadi Incaran Wisatawan

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis