Persiapan Upacara 17 Agustus di IKN, Penerbangan ke Balikpapan Ditambah

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana memperbanyak agenda penerbangan menuju Balikpapan untuk mengakomodasi tamu aktivitas Hari Kemerdekaan di Ibu Kota Nusantara (IKN). Hal ini menyusul molornya operasional Bandara IKN nan semula ditargetkan beraksi awal Agustus untuk menyambut seremoni HUT RI ke-79.

“Kita sudah memikirkan ada extra flight menjelang 17 Agustus, itu mungkin dari tanggal 14 sudah kita tambah. Sebaliknya setelah itu juga kita tambah, dan kita sudah koordinasi dengan teman-teman airline dan sudah untuk dilakukan,” ungkap Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya ketika ditemui usai aktivitas “Refleksi & Catatan: 10 Tahun Pemerintahan Jokowi di Bidang Konstruksi, Infrastruktur, dan Investasi” di Menara Bank Mega, Jakarta Selatan, Rabu, 31 Juli 2024. 

Pemerintah telah menyiapkan dua skenario penerbangan untuk 17 Agustus, ialah tamu VVIP bakal mendarat di airport Sepinggan, Balikpapan, dan airport APT Pranoto, Samarinda bakal dipakai sebagai airport cadangan. 

Sebelumnya, Menhub Budi Karya sudah memastikan Bandara VVIP Ibu Kota Nusantara (IKN) belum bisa beraksi pada penyelenggaraan aktivitas 17 Agustus mendatang. Ia mengatakan, penyelesaian bangunan airport tertunda akibat hujan nan terus turun di area IKN, Kalimantan Timur.

“Cuma ada kurang dari 15 hari, nggak mungkin untuk kita menyelesaikan,” tutur Budi Karya.

Iklan

Meski saat ini cuaca sudah mulai membaik, pembangunan airport IKN tetap belum selesai total. Target operasional airport pun dipastikan mundur menjadi akhir Agustus. “Sudah mulai normal ya, jadi kita harapkan akhir Agustus kita selesai,” kata dia. 

Pilihan Editor: Edisi Khusus 10 Tahun Jokowi: Pekerja Celaka lantaran UU Cipta Kerja

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis