Pertamina EP Sukowati Optimistis Bisa Capai Target Laba Bersih US$ 22,77 Juta di Akhir 2024

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta -PT Pertamina EP (PEP) Sukowati Field mencatatkan untung bersih sebesar 19,31 juta dolar AS dengan pendapatan total 71,50 juta dolar AS dalam pemaparan singkat keahlian finansial periode year-to-date Juni 2024.

“Net income (per Juni 2024) sudah ada di US$ 19 juta dari sasaran US$ 22 juta,” tutur Field Manager PEP Sukowati, Arif Rahman Hakim, dalam rangkaian aktivitas kunjungan media ke instansi PEP Sukowati Field Mudi Office, di Tuban, Jawa Timur pada Kamis, 15 Agustus 2024. Arif memprediksikan Pertamina EP bisa mencapai sasaran nan sudah ditetapkan dalam lima bulan mendatang. 

Dalam pemaparan singkat keahlian Pertamina EP Sukowati Field, Arif menjabarkan bahwa untung bersih nan diterima perusahaan sepanjang tahun melangkah hingga Juni 2024 mencapai US$ 19,31 juta. Target akhir tahun nan diprediksikan bakal dicapai sebesar US$ 22,77 juta.

Ia juga mengungkapkan, pendapatan nan yang diterima per Juni 2024 mencapai 71,50 juta dolar AS, sedangkan sasaran nan ditetapkan oleh PEP Sukowati di akhir tahun 2024 sebesar 118,19 juta dolar AS. 

Biaya produksi dan pengolahan minyak PEP Lapangan Sukowati, Arif mengatakan, sepanjang tahun hingga Juni 2024 berada di level US$ 16,8 per barrel of oil equivalent (BOE) alias setara barel minyak. “Production cost kami bisa dijaga di US$ 16,8 dari targetnya US$ 24,4 per BOE,” lanjut Arif. 

Pengolahan migas lapangan Sukowati dipusatkan di Central Processing Area (CPA). Dalam pengolahan ini, terjadi proses pemisahan minyak, air dan gas nan dihasilkan oleh sumur produksi lapangan Sukowati. 

Iklan

Melihat operasional sepanjang tahun, Manajer Lapangan Sukowati tersebut optimistis PEP Sukowati bisa mencapai seluruh sasaran nan ditetapkan. “Secara keahlian keuangan, sampai akhir tahun kami tetap ada lima bulan tersisa, jadi InsyaAllah kami bisa achieve dari target,” pungkas Arif. 

Sebagai info tambahan, Pertamina EP Sukowati merupakan bagian dari Zona 11 Regional Indonesia Timur Subholding Upstream Pertamina. PEP juga merupakan anak perusahaan PT Pertamina (Persero) sekaligus Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) di bawah pengawasan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi alias SKK Migas.

Menurut keterangan resmi nan disampaikan oleh General Manager Zona 11 Indonesia Timur, Zulfikar Akbar, PEP Sukowati Field telah menghasilkan produksi minyak sebanyak 819.552 barel dan gas sebesar 1.242,88 MMSCF alias juta standar kaki kubik pada Semester I/2024. 

Pilihan editor: Pastikan Tak Hadir di IKN, Megawati bakal Jadi Inspektur Upacara HUT RI di Sekolah Partai

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis