Pertamina Sebut Telah Berhasil Produksi Bioavtur Ramah Lingkungan

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Wakil Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Wiko Migantoro, mengatakan Pertamina berkomitmen meletakkan perhatian terhadap masalah lingkungan. Hal itu dilakukan dengan mengembangkan produk bahan bakar pesawat ramah lingkungan alias sustainable aviation fuel (SAF).

"Kami sudah produksi dari kilang kami di Cilacap dan sudah diuji-coba," kata Wiko kepada wartawan di Mandarin Oriental Hotel, Jalan M. H. Thamrin, Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 19 Agustus 2024.

Hasil produksi itu telah diuji dalam penerbangan dari Jakarta ke Solo, Jawa Tengah. Dia mengatakan, produk bahan bakar nan dites itu mempunyai hasil cukup baik. Bahan bakar ramah lingkungan itu bakal dipasarkan di pameran Bali Airshow 2024 pada 18-21 September mendatang. "Kami menjamin pasokannya bakal cukup reliable," ujarnya.

Selanjutnya, kata Wiko, keterlibatan Pertamina dalam arena pameran dirgantara ditandai dengan kepemilikan Pertamina pada PT Pelita Air Service. "Saat ini kami sudah mengoperasikan 11 pesawat nan berjadwal. Selain itu kami mempunyai pesawat untuk carter," katanya.

Iklan

Uji coba bahan bakar ramah lingkungan oleh Pertamina dan Garuda dilakukan pada 27 Oktober 2023. Uji coba dilakukan melalui penerbangan dari Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang) menuju Bandara Adi Soemarmo (Surakarta). Bahan bakar SAF alias Bioavtur disebut sebagai bukti upaya penurunan emisi dan mendukung pencapaian sasaran Net Zero Emission.

Produksi Bioavtur di PT Kilang Pertamina Internasional sukses memproduksi SAF J2.4 di Refinery Unit IV Cilacap. Produksi ini menggunakan teknologi co-processing dari bahan baku Refined Bleached Deodorized Palm Kernel Oil (RBDPKO). Atau minyak inti sawit nan telah mengalami proses pengolahan pemucatan, penghilangan masam lemak bebas dan bau. Kapasitasnya 1.350 kilo liter per hari.

Pilihan editor: OJK Dorong Jiwasraya Selesaikan Penyelamatan Pemegang Polis

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis