Pertamina Targetkan Pendaftaran QR Code Pertalite Tahap I Rampung Akhir Bulan Ini

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Sekretaris Perusahaan PT Pertamina Patra Niaga Heppy Wulansari menyatakan pihaknya menargetkan pendaftaran QR Code Pertalite tahap pertama dapat rampung pada akhir bulan September ini. 

Adapun pendaftaran QR Code Pertalite ini hanya diberlakukan unik untuk kendaraan roda empat. Sementara, wilayah pendaftaran QR Code Pertalite dilakukan secara bertahap.

"Diharapkan tahap 1 bisa tercapai 100 persen pada akhir September 2024. Sisanya bakal dilakukan tahap kedua rencana paling sigap bulan Oktober- November 2024," kata Heppy dalam keterangan di Jakarta, Jumat, 30 Agustus 2024, seperti dikutip dari Antara.

Ia menjelaskan, pendaftaran QR Code Pertalite saat ini difokuskan di wilayah Jawa, Madura, Bali (Hamali) dan sebagian wilayah non-Jamali ialah Kepri, NTT, Maluku, Maluku Utara, Gorontalo, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu dan Kabupaten Timika.

Saat ini, jumlah pendaftar nan terverifikasi dan telah mendapat QR Code telah mencapai 3,9 juta. Dokumen nan perlu dipersiapkan untuk mendaftar adalah foto KTP, foto diri, foto STNK (tampak depan dan belakang), foto kendaraan tampak keseluruhan, foto kendaraan tampak depan nomor polisi dan foto KIR bagi kendaraan pengguna KIR.

Heppy mengingatkan agar pendaftar memastikan seluruh arsip dapat terbaca dengan jelas dan dikirim dalam format foto (jpg). Selain itu, pendaftar diminta agar memastikan foto nan diunggah jelas tidak pecah dengan resolusi tinggi agar memudahkan proses verifikasi.

Iklan

“Bagi masyarakat pengguna Pertalite nan belum melakukan pendaftaran, diharapkan segera melakukannya untuk memastikan akses subsidi BBM nan tepat sasaran,” kata Heppy.

Dalam keterangan tertulis itu, Heppy juga memastikan tidak ada rencana menghentikan pengedaran Pertalite pada 1 September 2024. Pertamina Patra Niaga pun bakal tetap menyalurkan BBM sesuai penugasan nan diberikan Pemerintah.

"Masyarakat tidak perlu termakan buletin hoaks. Pertalite bakal terus kami salurkan sesuai kuota nan ditetapkan Pemerintah," tutur Heppy.

Ia menyampaikan Pertamina Patra Niaga juga terus mendukung upaya-upaya Pemerintah agar subsidi tepat sasaran dengan melakukan pendataan pengguna BBM Subsidi melalui pendaftaran QR Code melalui www.subsiditepat.mypertamina.id.

Pilihan Editor: Harga BBM Nonsubsidi Turun per 1 September 2024, Ini Daftar Lengkapnya

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis