Pesan Sri Mulyani ke Mahasiswa: Pegang Prinsip yang Baik, Itu Currency yang Tidak Bisa Diperjualbelikan

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati punya pesan unik kepada para mahasiswa. Ia mendorong agar para mahasiswa untuk membangun karakter nan baik sejak dini.

Hal itu disampaikannya saat memberikan kuliah umum Pengantar Mikroekonomi dan Kuliah Perdana Mahasiswa Baru Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (UI) pada Senin, 26 Agustus 2024.

"Saya harapkan mulai pada hari pertama kuliah, menyemaikan bibit, tidak hanya kebanggaan, tapi juga tanggung jawab. Karena belajar dari text book adalah how to make decision," kata Sri Mulyani, seperti dikutip dari video pendek nan dibagikan lewat akun Instagramnya @smindrawati. "Kalian pasti diajar dengan value-value nan baik, jaga value-value itu." 

Sebab, menurut dia, terbentuknya karakter nan baik sejak awal bakal terbawa hingga dewasa. "Jadi pesan saya kepada kalian, no matter where you are, pegang terus prinsip nan baik. Itu currency kalian nan tidak bisa diperjualbelikan," ujar Sri Mulyani. "Itu adalah mata duit kalian nan sejatinya."

Sementara itu, Sri Mulyani mengibaratkan pengetahuan ekonomi itu seperti sejoli sedang berpacaran. Dia menyebut jika supply terlalu banyak daripada demand, maka nilai dari orang itu bakal jatuh. 

“Kamu terlalu banyak ngasih perhatian, suplai terlalu banyak, nilai jatuh,” kata Sri Mulyani. Pernyataan alumnus UI itu sontak ditimpali dengan gelak tawa para mahasiswa. 

Iklan

Lewat unggahannya di media sosia itu, Bendahara Negara itu juga menuliskan pengetahuan ekonomi sangat erat dengan kehidupan sehari-hari. Dalam mengelola rumah tangga alias kebutuhan nan besar, misalnya, pengetahuan ekonomi dibutuhkan untuk mengambil keputusan. 

“Dalam ekonomi kita diajarkan mengambil keputusan dengan rasional,” kata Sri Mulyani. 

Oleh karena itu, menurut dia, belajar pengetahuan ekonomi itu sangat penting. "Kalau meminjam istilah gen Z, ekonomi itu krusial lantaran economy is “fr” – for real - sangat dekat dengan kehidupan kita," ucapnya.

Di akhir postingannya tersebut, Sri Mulyani menyemangati para mahasiswa untuk terus belajar. "Selamat menikmati perjalanan sebagai mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Tetap semangat lantaran banyak sekali perihal menarik dalam pengetahuan ekonomi nan bisa kita gali dan pelajari. See you on top!"

Pilihan Editor: Sri Mulyani Ulang Tahun ke-62 Dapat Kado Mawar Merah dan Nyanyian Lagu The Beatles: Meleleh, Terharu, Terima Kasih..

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis