Pesilat Asal NTT ”Putri Sikone” Sabet Medali Perak di Asean School Games Vietnam 2024

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX
 Pengalungan Medali Perak "Putri Sikone" pada kejuaraan 13th ASEAN School Games, Da Nang, Vietnam. Foto: Pengalungan Medali Perak "Putri Sikone" pada kejuaraan 13th ASEAN School Games, Da Nang, Vietnam.

Di penyelenggaraan 13th ASEAN School Games 2024 (ASG) di Da Nang, Vietnam, 1-7 Juni, Indonesia sukses mendapatkan 5 lencana emas dari 9 partai final nan di jalani Kamis, 6/6/2024.

Maria Jesika Putri Sikone nan turun di kelas C Putri sukses menyumbang lencana perak bagi kontingen Indonesia, hasil ini usai dia ditumbangkan oleh pesilat asal Thailand “Nattanon Muangiantaburi” di partai final.

Saat dikonfirmasi oleh media Salam Olahraga via telepon, pembimbing dari Putri sapaan akrabnya, Muhamad Syahril Mubarok mengatakan bahwa betul Putri kalah di final dari pesilat Thailand, tetapi ini awalan nan baik untuk Putri, walaupun baru pertama kali turun di Kejuaraan Internasional, hasil nan didapatkan sangat memuaskan.

“Putri bermain sangat enjoy, tidak ada beban, walaupun banyak pesilat nan bagus, terbukti dari semi final hingga partai puncak Putri bisa menampilkan permainan terbaik. Meski belum sukses juara, Putri sebagai anak original NTT bisa menunjukan bahwa atlet wilayah bisa bersaing hingga Internasional. Saya sebagai pembimbing merasa bangga atas pencapaian dari Putri, ini menunjukan bahwa atlet NTT bisa bersaing dan bisa berprestasi sampai ke tingkat Internasional,” ujar Syahril.

Atlet sentral milik PPLP NTT ini merupakan jebolan Pencak Silat KELATNAS Indonesia Perisai Diri, Kabupaten Belu nan kesehariannya merupakan pelajar kelas XI SMAN 6 Kupang. Putri bukan nan pertama mewakili Timnas Pencak Silat Indonesia di Kejuaraan Internasional, nama-nama seperti Ronaldo Neno, Jeni Elvis Kause dan Muhamad Zikrillah Prasong sudah lebih dulu berprestasi di SEA GAMES serta event Internasional lainnya dan konsisten hingga PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Putri menyampaikan bahwa dia senang dan bangga bisa berasosiasi di Pelatnas dan menjadi atlet mewakili Timnas Pencak Silat Indonesia di kejuaraan tersebut. “Saya bangga bisa berjumpa dengan pesilat dari banyak negara, bisa menambah pengalaman untuk saya kedepannya meski belum bisa menjadi nan terbaik, saya bakal berupaya lebih keras lagi dalam berlatih. Harapan saya semoga teman-teman, pesilat di NTT bisa mewakili Indonesia kelak seperti saya,” ucap Putri.

Merespon perihal tersebut, Sekretaris Umum PengProv IPSI NTT, Ferdinad Amatae mewakili seluruh pengurus, saat diwawancara via telepon mengatakan merasa bangga atas pencapaian atlet-atlet silat NTT dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya.

“Kami bangga dengan pencapaian atlit kami, nan mengharumkan nama NTT di event Internasional melalui Pencak Silat. Kami bakal berbenah untuk menciptakan regenerasi pesilat-pesilat handal NTT kedepannya,” katanya.

Indonesia sebagai negara asal Pencak Silat, membawa visi misi melalui ASEAN School Games, Indonesia bisa menjadi contoh untuk negara-negara lain dalam pengembangan beladiri Pencak Silat.

Rencananya Timnas Pencak Silat Indonesia bakal bertolak pulang ke Jakarta pada Senin, 10 Juni 2024 mendatang.

Post Views: 1

Selengkapnya
Sumber salamolahraga.com Olahraga
salamolahraga.com Olahraga