Peta Pertarungan Pilgub Banten: Airin versus Andra Soni

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah calon kepala wilayah telah mendaftar di pemilihan kepala wilayah di Banten pada Pilkada serentak 2024. Di tingkat provinsi, Airin Rachmi Diany akan berhadapan dengan Andra Soni.

Airin menggandeng politikus PDIP Ade Sumardi. Mereka maju dengan modal support dari Partai Golkar dan PDIP. Pasangan itu mempunyai support 28 bangku dari 100 bangku di DPRD Provinsi Banten.

Sementara itu, Andra menggandeng politikus PKS Achmad Dimyati Natakusumah. Mereka mencalonkan diri dengan support dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Partai-partai nan mendukung Andra-Dimyati adalah Gerindra, PKS, Demokrat, NasDem, PKB, PAN, PSI, serta PPP. Andra-Dimyati punya modal 72 bangku di DPRD Banten.

Kota Tangerang

Pemilihan wali kota Tangerang tahun ini bakal diikuti tiga pasangan calon (paslon). Paslon pertama adalah Faldo Maldini dan Moh Fadhlin Akbar.

Faldo adalah politikus PSI nan pernah menjabat Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara. Adapun Fadhlin adalah politikus NasDem sekaligus putra mantan Gubernur Banten Wahidin Halim.

Pasangan ini didukung PSI, PAN, Partai Gerindra, Partai NasDem, dan Partai Perindo.

Paslon kedua adalah petahana Sachrudin dan Maryono Hasan. Mereka didukung Partai Golkar, Partai Demokrat, PDIP, dan PPP.

Sachrudin adalah Wakil Wali Kota Tangerang sebelumnya. Adapun Maryono adalah mantan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang.

Pasangan ketiga adalah Ahmad Amarullah-Bonnie Mufidjar. Pasangan ini mendapat support dari dua partai Islam, ialah PKB dan PKS. Amrullah-Bonnie menjadi pasangan pertama nan mendaftar ke KPUD Kota Tangerang.

Kota Tangerang Selatan

Di Pilwalkot Tangsel, ada dua pasangan calon nan mendaftarkan diri. Mereka adalah Benyamin Davnie-Pilar Saga dan Ruhamaben-Shinta.

Ben-Pilar adalah pasangan calon petahana. Mereka didukung 17 partai, terdiri dari enam partai parlemen dan 11 partai nonparlemen.

Pendukung pasangan ini adalah Golkar, PDI-P, Gerindra, PPP, PSI, PAN, NasDem, PKB, Partai Gelora, Partai Buruh, Partai Umat, PKN, PBB, dan Hanura.

Mereka bakal menghadapi pasangan Ruhama-Shinta. Pasangan ini hanya didukung oleh PKS.

Sebelumnya, ada pasangan Ahmad Riza Patria dan Marshel Widianto. Namin, Ariza mengundurkan diri beberapa waktu sebelum pendaftaran. Mereka mengalihkan support ke Benyamin-Pilar.

(dhf/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional