Peta Pertarungan Pilgub Sejumlah Provinsi Strategis di Pilkada 2024

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX
Daftar Isi

Jakarta, CNN Indonesia --

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menutup masa pendaftaran calon kepala wilayah di Pilkada serentak 2024 pada Kamis (29/8) pukul 23.59 WIB.

Namun ada beberapa KPU daerah yang memperpanjang masa pendaftaran lantaran hanya ada satu paslon tunggal, salah satunya di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau.

CNNIndonesia.com telah merangkum peta pertarungan politik di tingkat Pilgub sejumlah wilayah provinsi nan dianggap strategis, sebagaimana berikut:

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

DKI Jakarta

KPU DKI menyebut ada tiga pasangan calon nan mendaftar hingga hari penutupan. Ketiganya adalah pasangan Pramono Anung-Rano Karno, Ridwan Kamil-Suswono dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana.

Pramono-Rano diusung oleh PDIP dan Hanura. Kemudian RK-Suswono diusung 14 parpol yakni

Ia menjelaskan ada penambahan support terhadap pasangan Pramono-Rano dari Partai Hanura. Sehingga pasangan itu diusung PDIP dan Hanura.

Selain itu, ada penambahan support dari PKN terhadap pasangan Ridwan Kamil-Suswono. Pasangan ini total diusung 14 partai ialah Gerindra, PKS, Golkar, Demokrat, NasDem, PSI, PKB, Gelora, PBB, Perindo, PAN, PPP, Garuda dan PKN. Sementara Dharma-Kun maju secara independen.

Jawa Barat

Dedi Mulyadi dan Erwan Setiawan menjadi pasangan pertama nan mendaftar di Pilgub Jawa Barat. Mereka datang ke Kantor KPUD Jawa Barat pada Selasa (27/8).

Pasangan ini diusung Gerindra, Golkar, PAN, Partai Hanura, Partai Gelora, Partai Garuda, PKN, Partai Buruh, PRIMA, Perindo, PBB, dan Partai Ummat.

Selanjutnya ada pasangan Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie nan resmi diusung menjadi cagub dan cawagub oleh tiga partai ialah NasDem, PKS, dan PPP.

PKB kemudian juga memilih untuk mengusung dua kader internal, ialah Acep Adang Ruhiyat dan Gitalis Dwi Natarina namalain Gita KDI untuk maju dalam Pilgub Jawa Barat 2024.

Kemudian pada menit terakhir, PDIP resmi mengusung Jeje Wiradinata dan Ronal Sunandar Surapradja untuk Pilkada Jawa Barat 2024.

Keduanya pun tak datang langsung saat pendaftaran. Mereka diwakilkan Ketua DPD PDIP Jawa Barat Ono Surono dan Abdy Yuhana nan merupakan personil DPRD PDI Perjuangan provinsi Jawa Barat.

Jawa Tengah

Di Pilgub Jawa Tengah, dua jenderal telah mendaftarkan diri. Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa berbareng Hendrar Prihadi datang ke KPUD Jawa Tengah pada Selasa (27/8).

Pasangan ini diusung PDIP yang juga dikenal sebagai partai pemilik bangku terbanyak di DPRD Jawa Tengah.

Pada hari nan sama, Komjen Ahmad Luthfi berbareng Taj Yasin Maimoen juga mendaftarkan diri. Mereka didampingi Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka ke KPUD Jawa Tengah.

Pasangan ini disokong Gerindra, PAN, Golkar, Demokrat, PSI, PBB, Partai Buruh, Partai Garuda, PKN, serta Prima.

Jawa Timur

Pasangan calon petahana Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak resmi mendaftar Pilgub Jawa Timur pada hari pertama. Mereka diusung oleh 15 partai.

Khofifah-Emil datang didampingi politisi dari PAN, Gerindra, Golkar, Demokrat, PPP, PSI, PKS, Perindo, Nasdem, Partai Buruh, Partai Gelora, PBB, PKN, Partai Garuda, serta Prima.

Kemudian pada hari terakhir pendaftaran, Tri Rismaharini-Zahrul Azhar Asumta juga mendaftar dengan support dari PDIP dan Hanura. Disusul PKB nan mengusung dua kader internal Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim untuk maju di Pilgub Jawa Timur 2024.

Banten

Pasangan pertama nan mendaftar adalah Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi. Pasangan ini maju dengan support dari PDIP, Golkar, Partai Buruh, Gelora, Ummat, PBB, dan PKN.

Mereka bakal melawan pasangan Andra Soni-Achmad Dimyati Natakusumah. Partai-partai nan mendukung Andra-Dimyati adalah Gerindra, PKS, Demokrat, NasDem, PKB, PAN, PSI, serta PPP.

Bali

Dua pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Bali mendaftar ke KPU Bali pada Kamis (29/8).

Pasangan pertama Wayan Koster-I Nyoman Giri Prasta. Mereka diusung oleh PDIP, PKB, PPP, Perindo, PBB, Hanura, Gelora, Buruh, dan Partai Ummat.

Petahana itu bakal melawan Made Muliawan Arya namalain De Gadjah-Putu Agus Suradnyana (PAS) nan diusung sejumlah parpol KIM Plus di antaranya Gerindra, NasDem, Golkar, Demokrat, PKS, PAN, PSI, dan PKN.

Sumatera Utara

Di Sumatera Utara, Golkar mengarahkan support kepada menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Bobby Nasution. Golkar memasang kadernya, Surya, sebagai calon wakil gubernur pendamping Bobby.

Bobby dan Surya didukung PSI, Perindo, PKB, Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai NasDem, PAN, Partai Demokrat, serta PKS.

Mereka bakal melawan petahana Edy Rahmayadi dan Hasan Basri Sagala nan resmi didaftarkan ke KPUD Sumatera Utara sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Sumut, Kamis (29/8).

Pasangan ini diusung enam partai politik ialah PDIP, Hanura, Partai Gelora, PKN, Partai Ummat, dan Partai Buruh.

Kalimantan Timur

Isran Noor dan Hadi Mulyadi resmi mendaftar di KPU Kaltim pada Rabu (28/8). Petahana ini diusung oleh PDIP, Demokrat, Gelora, Hanura, Partai Ummat, dan Perindo.

Mereka bakal melawan Rudy Mas'ud dan Seno Aji nan resmi mendaftar ke KPU Kaltim, Kamis (29/8). Mereka diusung oleh 12 parpol, ialah Partai Golkar, Gerindra, PKB, NasDem, PAN, PKS, PPP, PSI, Garuda, Buruh, Partai Keadilan Nusantara dan PBB.

Sulawesi Selatan

Pilgub Sumsel bakal mempertemukan dua pasangan calon untuk berkompetisi di Pilkada serentak 2024. Keduanya sudah mendaftarkan diri ke KPUD Sulsel.

Pasangan pertama ialah adik Mentan Amran Sulaiman, Andi Sudirman Sulaiman. Andi nan juga petahana itu berpasangan dengan Fatmawati Rusdi, istri dari personil DPR RI, Rusdi Masse.

Mereka diusung 10 partai ialah NasDem, Golkar, Gerindra, PKS, Demokrat, PAN, Hanura, PSI, Gelora, dan Perindo.

Pasangan kedua merupakan mantan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto dan Azhar Arsyad. Pasangan ini diusung PDIP, PKB, dan PPP.

(khr/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional