Peta Pilgub Sulsel: Petahana Andi Sudirman vs Walkot Makassar Pomanto

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Makassar, CNN Indonesia --

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan, Hasbullah memastikan bakal calon kepala wilayah di Pilkada serentak 2024 hanya ada dua pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel.

Bapaslon pertama adalah pasangan gubernur petahana, Andi Sudirman Sulaiman dan mantan Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi.

Andi-Fatmawati  diusung oleh 10 partai politik nan tergabung di Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus yakni, Partai Gerindra, NasDem, Golkar, PAN, PKS, Hanura, PSI, Demokrat, dan Gelora.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bapaslon kedua adalah Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) merupakan Wali Kota Makassar nan berpasangan dengan Ketua PKB Sulsel, Azhar Arsyad.

Danny-Azhar diusung koalisi tiga partai yakni, PDIP, PKB, dan PPP. Mereka juga didukung tiga partai politik nonparlemen yakni Partai Buruh, PBB, dan Partai Ummat.

"Kalau berasas aturan, lantaran tinggal tiga partai tersisa belum bisa didaftarkan tapi secara aktual memberikan support kepada paslon. Makanya sudah dipastikan sudah lenyap partai politik," kata Hasbullah di instansi KPU Sulsel, Kamis (29/8).

Hasbullah menerangkan di dalam PKPU andaikan partai politik telah memberikan persetujuan untuk didaftarkan, sehingga persetujuan support itu tidak dapat ditarik kembali.

"Berarti prosesnya dipastikan tidak ada lagi paslon nan kemungkinan mendaftar. Jadi hanya dua paslon," tutur Hasbullah.

Pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, Moh Ramdhan Pomanto-Azhar Arsyad. (CNNIndonesia/Ilham)Pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, Moh Ramdhan Pomanto-Azhar Arsyad. (CNNIndonesia/Ilham)

Menurut Hasbullah, partai pengusung Danny Pomanto-Azhar Arsyad di Pilgub Sulsel nan terdaftar di aplikasi sistem pencalonan (Silon) KPU hanya tiga parpol saja. Sementara tiga partai nonparlemen seperti Partai Buruh, PBB dan Partai Ummat tidak terdaftar pada aplikasi sistem pencalonan tersebut.

"Yang kami terima cuman tiga itu, mengenai dengan posisi kawan partai politik nan terdaftar melalui proses Silon, dari dua paslon tergantung apa mereka memberi support secara faktual. Tapi Sudah memenuhi syarat tiga partai, PPP, PKB dan PDIP," jelasnya.

Sementara itu, Danny Pomanto mengaku bahwa ketiga partai nonparlemen tersebut tidak sempat didaftarkan di aplikasi Silon KPU.

"Sebenarnya, kami ada tambahan pendukung dari tiga parpol non parlemen, ialah Partai Umat, Partai Buruh dan PBB. Tapi mereka tidak sempat memasukkan memberi support secara resmi, lantaran tertolak di Silon (Sistem info pencalonan). Tapi itu tidak masalah lantaran mereka sudah menyatakan diri dan ikut hadir," kata Danny usai pendaftaran di instansi KPU Sulsel.

Andi Sudirman adik Mentan Amran Sulaiman

Sementara itu Andi Sudirman adalah petahana yang memegang kedudukan Gubernur Sulsel kurun waktu 2022-2023. Dia dikenal pula sebagai adik kandung dari Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

"Alhamdulillah hari ini berbareng teman-teman partai pendukung mengucapkan terima kasih banyak kepada KPU dan Bawaslu kami sampaikan hari ini berkas telah diterima sudah komplit dan siap untuk diproses lebih lanjut," kata Andi Sudirman usai resmi mendaftar ke KPU, Kamis lalu.

Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi. (CNNIndonesia/Ilham)Bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi. (CNNIndonesia/Ilham)

Adik kandung Menteri Pertanian Amran Sulaiman ini menyebut ada 10 partai politik nan mendukungnya. Sudirman meminta kepada timnya, setelah pendaftaran ini maka siap melanjutkan ke tahap selanjutnya.

"Kami berdua mengapresiasi teman-teman partai nan telah mendukung kami. Teman-teman LO (Liaoson Officer) juga telah bekerja keras pada hari ini kami ucapkan terima kasih. Mari kita lanjut pada tahapan berikutnya. Dan sebagai bakal makelar mari kira menunggu persyaratan selanjutnya (penetapan calon)," paparnya.

Andi Sudirman datang menggunakan baju putih didampingi sang Istri, Naoemi Oktarina mengenakan jilbab putih. Sementara, Fatmawati ditemani suami, Rusdi Masse nan juga Ketua DPW Partai Nasdem Sulsel berbareng sekretarisnya, Syaharuddin Alrif.

Setelah melakukan pendaftaran, kata Andi Sudirman selanjutnya bakal menuju ke proses tahapan berikutnya.

(mir/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional