Peta Pilkada Jatim, Pertarungan Tiga Peremuan hingga Adik Pratikno

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX
Daftar Isi

Jakarta, CNN Indonesia --

Sebanyak tiga bakal pasangan calon (paslon) dipastikan bakal berkompetisi di Pilgub Jawa Timur 2024 usai KPU Jawa Timur menutup pendaftaran pada Kamis (29/8) malam.

Mereka nan bertanding di antaranya Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak, Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim dan Tri Rismaharini-Zahrul Azhar Asumta.

Khofifah-Emil memborong belasan partai di Pilgub Jatim 2024. Yakni PAN, Gerindra, Golkar, Demokrat, PPP, PSI, PKS, Perindo, Nasdem, Partai Buruh, Partai Gelora, PBB, PKN, Partai Garuda.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Khofifah-Emil merupakan gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur petahana. Khofifah telah resmi mendaftar sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur ke KPU Jatim pada Rabu (28/8).

Sementara penantangnya ialah Luluk Nur Hamidah menggandeng rekannya sesama politikus PKB Lukmanul Khakim. Keduanya merupakan personil DPR. Pasangan ini hanya diusung oleh PKB yang berstatus partai pemenang pemilu 2024 di Jatim.

Sementara Risma menggandeng Zahrul Azhar Asumta. Pasangan ini didukung oleh PDIP. PDIP berada di ranking kedua perolehan bunyi terbanyak di Jatim pada Pemilu 2024 lalu.

Luluk-Lukman dan Risma-Zahrul telah mendaftar ke KPUD Jatim pada Kamis (29/8) kemarin tepat hari terakhir sebelum ditutupnya pendaftaran.

Tak hanya di tingkat provinsi, di beberapa kabupaten/kota besar di Jatim pun sudah ada pasangan calon kepala wilayah nan mendaftar hingga ditutupnya pendaftaran Kamis (29/8) malam kemarin.

Peluang calon tunggal di Kota Surabaya

Pasangan petahana Eri Cahyadi-Armuji menjadi satu-satunya paslon nan mendaftar ke KPU Surabaya di hari kedua pendaftaran. Dua kader PDIP ini menyapu bersih support dari 18 partai politik di Kota Pahlawan tersebut.

Pendaftaran Pilwalkot Surabaya semestinya selesai Kamis pukul 23.59 WIB. Namun, sesuai dengan regulasi, maka bakal diperpanjang selama tiga hari.

Adik Mensesneg maju di Bojonegoro

Terdapat dua bakal pasangan calon nan mendaftar maju di Pilkada Bojonegoro, ialah Setyo Wahono-Nurul Azizah dan Teguh Haryono-Farida Hidayati.

Pasangan Teguh-Farida diusung oleh koalisi dua partai politik ialah PDIP dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo). PDIP mendapatkan perolehan bunyi sebanyak 81.849 bunyi alias 9,79 persen dari total bunyi sah sebanyak 836.020. Sehingga memenuhi syarat untuk mengusung calon.

Sementara Setyo Wahono-Nurul Azizah diusung oleh koalisi besar 14 partai politik. Setyo merupakan adik dari Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

Kris Dayanti maju di Kota Batu

Artis Kris Dayanti dan Kresna Dewanata Phrosakh telah mendaftar sebagai pasangan calon kepala wilayah Kota Batu di KPU Kota Batu, Jawa Timur, Rabu (28/8).

Pasangan ini diusung oleh PDIP, Nasdem, dan partai koalisi nonparlemen di DPRD Kota Batu ialah PBB, Perindo, Hanura, Ummat, Gelora, PPP, PKN, Partai Garuda, Partai Buruh.

Tak hanya itu, pasangan Firhando Gumilar dan Haji Rudi nan diusung Golkar, PAN, Demokrat dan PKS serta pasangan Nurochman dan Heli Suyanto nan diusung PKB juga telah resmi mendaftar juga di Pilwakot Batu.

(rzr/wis)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional