Peta Politik Pilkada Jabar 2024 Usai RK Menguat ke Pilgub Jakarta

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Nama eks Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) semakin dipastikan menjadi kandidat kuat untuk berkompetisi di Pilkada Jakarta 2024 dengan support Koalisi Indonesia Maju (KIM) plus. Sebelum digadang-gadang kuat maju di Jakarta, RK sempat juga dinilai bakal maju di Pilkada Jawa Barat. Namun ada perubahan arah politik di Jakarta dan Jabar.

Adapun KIM merupakan partai politik pendukung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming di Pilpres 2024 nan beranggotakan Gerindra, Golkar, PAN dan Demokrat. Sementara KIM Plus nan dimaksud ialah tambahan partai politik lain di luar keempatnya.

Namun demikian, belum ada kejelasan siapa pasangan RK di Pilgub Jakarta. Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto baru-baru ini membocorkan bakal calon wakil gubernur pendamping Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta 2024.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Airlangga hanya memberi inisial nama dari sosok itu, ialah 'S'. Namun dia enggan membeberkan siapa sosok tersebut. Namun dia memastikan bukan Presiden PKS Akhmad Syaikhu ataupun politikus PKS Sohibul Iman. 

Dedi Mulyadi menanti Cawagub dan musuh di Jabar

Golkar nan menjadi partai tempat RK berlindung memutuskan untuk mengusung politikus Gerindra Dedi Mulyadi. Mantan Bupati Purwakarta itu pun menjadi kandidat kuat nan bakal diusung KIM.

Gerindra menyebut sosok cawagub pendamping Dedi Mulyadi diserahkan kepada Golkar. Sementara Golkar mengusulkan sejumlah nama mulai dari Atalia Praratya, Ade Ginanjar, hingga Ace Hasan Syadzily. Sementara PAN menyodorkan Bima Arya dan Desy Ratnasari.

Di luar KIM, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan partainya juga tengah intens berkomunikasi dengan Golkar soal kesempatan kerja sama di Pilgub Jawa Barat 2024.

Menurut Hasto, komunikasi dibangun oleh dua pengurus pusat PDIP, ialah Deddy Sitorus dan Adian Napitupulu. Belakangan terdengar, PDIP bakal menjagokan kedua kadernya di Jabar, ialah Ketua DPD PDIP Jabar Ono Surono dan personil Komisi VI DPR Rieke Dyah Pitaloka.

Di sisi lain, tetap ada Ilham Habibie nan diusung Partai NasDem. Ilham Habibie dan petinggi NasDem sudah mendekati PKS dan melakukan pertemuan pada Kamis (18/7) lalu. NasDem pun membujuk PKS mengusung Ilham Habibie.

Namun, PKS juga sempat menjagokan kader mereka di Jabar, salah satunya Ketua DPW PKS Jabar Haru Suandharu. Sebelum mengerucut ke Heru, ada beberapa nama nan disaring oleh PKS untuk maju di Pilgub Jabar. Mereka ialah Ahmad Syaikhu, Netty Prasetiyani, hingga Mohammad Idris.

Sementara itu, PKB menunjuk Acep Adang Ruhiat untuk maju sebagai calon Wakil Gubernur Jabar 2024. Acep merupakan Ketua Dewan Syuro DPW PKB Jabar nan sempat menjabat Anggota DPRD Jabar 2 periode, dan menjadi Anggota DPR RI di Komisi X.

(khr/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional