Petahana Andi Sudirman Resmi Lawan Walkot Makassar di Pilgub Sulsel

Sedang Trending 2 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Minggu, 22 Sep 2024 14:45 WIB

KPU bakal menggelar pengundian nomor urut Pilgub Sulsel pada Senin besok. Hanya ada dua paslon nan ditetapkan ikut Pilgub Sulsel. Ilustrasi penyelenggaraan pilkada. (iStock/Panuwat Dangsungnoen)

Makassar, CNN Indonesia --

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan dua pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur dalam Pilgub Sulsel pada Pilkada serentak 2024 ini.

Penetapan pasangan calon kepala wilayah ini setelah dilakukan rapat pleno tertutup nan digelar komisioner KPU Sulsel.

"Hanya dua nan mendaftar di KPU. Berdasarkan urutan pendaftaran kemarin Pak Sudirman Sulaiman-Fatma kemudian Danny Pomanto berbareng dengan Azhar Arsyad. Tadi juga kami sudah bacakan surat keputusannya," kata Ketua KPU Sulsel, Hasbullah, Minggu (22/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hasbullah menuturkan KPU dalam tahap proses verifikasi telah melakukan pemeriksaan berkas hingga permintaan tanggapan masyarakat. Namun, sampai pemisah ditentukan tidak ada masyarakat nan memberikan tanggapan terhadap para calon.

"Kemarin tanggal 15-18 September masa tanggapan masyarakat nihil. Kemudian klarifikasi, dengan sendirinya tidak ada proses klarifikasi, lantaran proses tanggapan masyarakat juga nihil. Makanya tanggal 22 ini sesuai agenda nan ditetapkan PKPU adalah penetapan paslon," ungkapnya.

Setelah penetapan calon, kata Hasbullah, KPU bakal mempersiapkan tahapan selanjutnya yakni pengundian nomor urut bagi dua pasangan calon digelar, Senin (23/9) besok.

"Setelah penetapan, tetap ada satu tahapan besok, itu pencabutan nomor urut, sekaligus rangkai kan kampanye damai," ujarnya.

Pada proses tahapan penyelenggaraan pencabutan nomor urut, kata Hasbullah, pihaknya membatasi relawan alias tim pasangan calon untuk datang di dalam ruangan yakni, hanya 100 orang saja.

"Dibatasi masing-masing paslon hanya 100 orang mengenai dengan rapat pleno pencabutan nomor urut, besok kami laksanakan kelak sore berbareng tim paslon," kata Hasbullah.

(mir/kid)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional