Pilgub Kaltim Jadi Arena Pertarungan Petahana dan Anggota DPR

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Dua bakal pasangan calon telah mendaftar ke KPU Kalimantan Timur untuk mengikuti Pilgub Kaltim pada Pilkada serentak 2024.

Mereka adalah petahana Isran Noor-Hadi Mulyadi dan penantangnya, Rudy Mas'ud-Seno Aji.

Pertarungan Pilgub di KalimantanTimur itu menjadi salah satu pilkada nan strategis di Indonesia pada 2024 ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pasalnya wilayah provinsi itu bakal menjadi sentral pemerintahan Indonesia ketika ibu kota negara resmi pindah dari Jakarta di Jawa ke Nusantara di sana.

Isran-Hadi

Untuk Pilgub Kaltim, Isran-Hadi mendaftar ke KPU Kaltim pada Rabu (28/8). Pasangan petahana itu disokong enam partai ialah PDIP, Demokrat, Gelora, Hanura, Ummat, dan Perindo.

Isran bertekad untuk memenangkan Pilgub Kaltim untuk melanjutkan kerja-kerjanya di pemprov tersebut.

"Kami didukung oleh enam partai, ialah PDIP, Demokrat, Gelora, Partai Hanura, Ummat, dan Perindo. Dengan kerja keras tim pemenangan, kami bakal menjadikan Kaltim lebih baik," tegas Isran saat mendaftar ke KPU Kaltim pada Rabu lalu, dikutip dari Antara.

Ia menambahkan bahwa visi dan misi pasangan calon Isran-Hadi melanjutkan rumor dan program kerja dari periode sebelumnya. Meskipun ada perubahan-perubahan kecil, penuntasan visi dan misi nan belum selesai menjadi tanggung jawab mereka.

"Terkait strategi pemenangan, kami menyebutnya sebagai rahasia internal tim," tegas Isran.

Perwakilan Tim Pemenangan Isran-Hadi dari PDIP, Ananda Emira Moeis mengaku dirinya selama menjabat di DPRD Kaltim memandang petahana itu berhasil meningkatkan APBD secara signifikan dan mencatat nilai fiskal terbesar dalam sejarah Kaltim.

Bakal calon Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor (kanan) berbincang dengan bakal calon Wakil Gubernur Hadi Mulyadi (kiri) saat mendaftarkan diri sebagai peserta Pilgub 2024 di KPU Provinsi Kalimantan Timur, di Samarinda, Rabu (28/8/2024). Isran Noor dan Hadi Mulyadi resmi mendaftarkan diri sebagai peserta pencalonan Pilgub Kaltim 2024. ANTARA FOTO/M Risyal HidayatBakal calon Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor (kanan) berbincang dengan bakal calon Wakil Gubernur Hadi Mulyadi (kiri) di KPU Provinsi Kalimantan Timur, di Samarinda, Rabu (28/8/2024). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Rudy-Seno

Sementara itu, bapaslon Rudy-Seno mendaftar ke KPU Kaltim pada Kamis (29/8) lalu.

Dalam pendaftaran ini, pasangan Rudy-Seno didampingi sejumlah petinggi dan pengurus partai politik pengusung antara lain dari Partai Golkar, Gerindra, PKB, PAN, dan Partai Nasdem.

"Saat ini Provinsi Kaltim menjadi sorotan nasional, apalagi internasional lantaran menjadi etalase Indonesia di kancah global. Hal ini berkah ibu kota baru alias Ibu Kota Nusantara (IKN) nan berada di tengah-tengah Kaltim," kata Rudy Mas'ud saat mendaftar ke KPU.

Pasangan bakal calon Gubernur Kalimantan Timur Rudy Mas'ud (kanan) dan bakal calon Wakil Gubernur Seno Aji (kiri) melambaikan tangannya di atas kepala Reog Ponorogo saat menuju Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kaltim, Samarinda, Kamis (29/8/2024). Pasangan Rudy Mas'ud-Seno Aji resmi mendaftarkan diri sebagai peserta Pilkada Kaltim 2024 dengan support dari partai politik nan tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.Pasangan bakal calon Gubernur Kalimantan Timur Rudy Mas'ud (kanan) dan bakal calon Wakil Gubernur Seno Aji (kiri). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Rudy Mas'ud dikenal sebagai politikus Golkar nan duduk di Komisi III DPR RI saat ini. Sementara Seno Aji adalah politikus Gerindra yang menjadi Wakil Ketua DPRD Kaltim saat ini.

"Kami bakal menyiapkan Kaltim agar dapat bersaing dengan negara-negara tetangga, seperti Brunei, Malaysia, dan Singapura. Maka pembangunan dan percepatan di beragam bagian bakal menjadi prioritas agar Kaltim bisa menghadapi tantangan global," kata Rudy di instansi KPU, seperti dikutip dari Antara.

Setelah pendaftaran tersebut, KPU Kaltim pun menggelar pemeriksaan kesehatan bagi para bakal calon di RSUD Abdul Wahab Sjahranie, Samarinda, Jumat (30/8) ini.

Tahapan selanjutnya adalah penetapan pasangan calon nan memenuhi syarat dilakukan pada 22 September, dilanjutkan undian nomor urut pada 23 September. Kemudian masa kampanye dilakukan mulai 25 September hingga 23 November, dan pemungutan bunyi pada 27 November.

(kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional