PKB Bisa Usung Sendiri Pasangan Cagub-Cawagub di Pilkada Jatim

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Surabaya, CNN Indonesia --

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) bisa mengusung pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur sendiri tanpa kudu berkoalisi dengan partai lain di Pilkada Jawa Timur 2024.

Hal itu lantaran perolehan bunyi partai nan dipimpin Muhaimin Iskandar alias Cak Imin pada Pemilu 2024 lampau di Jatim mencapai 4.517.228 bunyi alias setara dengan 27 bangku DPRD Jatim. PKB menjadi juara di Jatim.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dalam Pasal 40 Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada, diatur bahwa partai politik nan mendapat 20 persen dari jumlah bangku DPRD atau 25 persen bunyi sah Pemilu 2024 bisa mengusung pasangan calon.

"Partai Politik alias campuran Partai Politik dapat mendaftarkan pasangan calon jika telah memenuhi persyaratan perolehan paling sedikit 20 persen dari jumlah bangku Dewan Perwakilan Rakyat Daerah alias 25 persen dari akumulasi perolehan bunyi sah dalam pemilihan umum personil Dewan Perwakilan Rakyat Daerah di wilayah nan bersangkutan," bunyi Pasal 40 ayat (1) UU 10/2016.

Dengan kata kain, 27 bangku nan dimiliki PKB di DPRD Jatim periode 2024-2029 sudah memenuhi syarat mengusung calon gubernur sekaligus wakil gubernur di Pilkada Jatim.

Sementara perolehan bangku partai politik lainnya, yakni Gerindra dan PDIP masing-masing 21 kursi, Golkar 15 kursi, Partai Demokrat 11 kursi, NasDem 10 kursi.

Kemudian PKS 5 kursi, PAN 5 kursi, PPP 4 kursi, dan PSI 1 kursi. Partai-partai di luar PKB, kudu berkoalisi untuk bisa mencalonkan pasangan bakal cagub dan cawagub di Pilkada Jatim 2024.

PKB hingga saat ini belum menentukan siapa calon gubernur dan wakil gubernur nan bakal mereka usung di Pilkada Jatim. Namun, mereka disebut-sebut mengincar nama mantan Ketua PWNU Jatim, KH Marzuki Mustamar.

Sekretaris DPW PKB Jatim Anik Maslachah mengatakan, perihal itu menyusul hasil survei nan dirilis Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI) soal elektabilitas tokoh-tokoh di bursa Pilgub Jatim 2024. Elektabilitas Marzuki menyentuh nomor 23,7 persen.

"Dengan hasil survei itu ada kesempatan besar untuk Kiai Marzuki [diusung PKB] ya," kata Anik saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com, Kamis (16/5) lalu.

Wakil Ketua DPRD Jatim ini juga menyebut elektabilitas Kiai Marzuki nan berada di posisi dua setelah Khofifah Indar Parawansa (49,3 persen) itu jadi modal awal nan menjanjikan.

Padahal, kata Anik, selama ini Kiai Marzuki bukan sosok politikus, tidak pernah berkoar mencalonkan diri, tidak pernah kampanye, dan apalagi lebih konsentrasi membesarkan pesantren.

"23,7 persen Itu nomor nan cukup tinggi dan banget sangat cukup untuk bisa memenangi Pilgub Jatim, mengingat rentang waktu nan sangat cukup, so pasti penduduk NU bakal bersatu, karenanya ini kesempatan besar bagi PKB untuk mengantar beliau, itu pun jika beliaunya berkenan," katanya.

Sebelumnya, Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil survei elektabilitas sejumlah tokoh di bursa Pilgub Jawa Timur 2024. Muncul nama mantan Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar.

Dalam survei ARCI simulasi enam nama, elektabilitas Khofifah berada di nomor 42,1 persen. Kemudian ada nama Ketua Gerindra Jatim Anwar Sadad di nomor 13,8 persen.

Kemudian ada Bupati Sumenep nan juga kader PDIP Achmad Fauzi 11,2 persen, Ketua Golkar Jatim M Sarmuji 10,9 persen, lampau ada Mantan Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar 10,7 persen, Menaker RI Ida Fauziyah 9,2 persen. Ada 1,1 persen responden nan tidak tahu alias tidak menjawab.

Sementara dalam simulasi tiga nama, elektabilitas Khofifah di nomor 49,3 persen. Lalu Marzuki di nomor 20,5 persen, dan Anwar Sadad 17,7 persen. Ada 12,5 persen responden nan belum menentukan.

Sejumlah partai juga sudah memutuskan mengusung Khofifah, seperti PAN, Golkar, Demokrat, Perindo dan PSI. Partai-partai ini mendukung duet Khofifah dan Emil Dardak. Sementara Gerinda baru mengusung Khofifah. 

(frd/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional