PKB: Tak Ada Janji Usung Anies di Jakarta, Hanya Aspirasi DPW

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 14 Agu 2024 09:20 WIB

PKB menegaskan tak pernah berjanji mendukung Anies Baswedan di Pilgub Jakarta 2024. Sejauh ini, baru ada aspirasi dari DPW. PKB menegaskan tak pernah berjanji mendukung Anies Baswedan di Pilgub Jakarta 2024. Sejauh ini, baru ada aspirasi dari DPW. (Dok. Timnas AMIN)

Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid mengatakan partainya tidak pernah berjanji mengusung Anies Baswedan di Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2024.

Ia menjelaskan nama Anies hanya jadi usulan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB DKI Jakarta. Namun, DPP belum pernah mengeluarkan surat rekomendasi untuk Anies.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Enggak ada janji. Ada aspirasi dari pengurus wilayah PKB DKI," kata Jazilul di Kantor DPP PKB, Jakarta, Selasa (13/8).

Jazilul menyebut PKB tetap memandang dinamika politik di Jakarta saat ini. Menurutnya, belum ada koalisi partai politik nan pasti.

"Hari ini untuk pilkada itu belum ada koalisi nan paten, paten itu koalisinya partai apa saja, calonnya siapa. Hari ini belum. Kalau ada, kami enak, mana nan kudu kita timbang-timbang. Ini kan baru ada Pak Anies dan non-Pak Anies," ucap dia.

PKB nan mengusung Anies di Pilpres 2024 diprediksi bakal beralih di Pilgub DKI Jakarta. Partai ketua Muhaimin Iskandar (Cak Imin) itu memberikan sinyal berasosiasi dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) nan mau mengusung eks Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Adapun KIM merupakan koalisi parpol pengusung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Di Jakarta, koalisi itu mewacanakan KIM plus. Mereka membujuk partai di luar KIM untuk bergabung.

Pada pekan lalu, Cak Imin berjumpa dengan Prabowo di rumah dinas selaku Menteri Pertahanan di Kompleks Widya Chandra Jakarta. Usai pertemuan, Jazilul sempat mengatakan ada kesepahaman antara PKB dan Gerindra untuk berkolaborasi.

Namun, pada kesempatan lain, Jazilul mengaku PKB tetap mempertimbangkan nama Anies untuk diusung sebagai calon gubernur.

(yla/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional