PKS: Kemungkinan Anies-Sohibul Iman Gagal Maju Pilgub Jakarta

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 09 Agu 2024 07:27 WIB

Juru Bicara PKS Zainudin Paru mengatakan Anies Baswedan tak sukses mencari rekan koalisi untuk mengamankan tiket maju di Pilkada Jakarta 2024. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengatakan kemungkinan besar Anies Baswedan dan Sohibul Iman kandas maju menjadi pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di Pilkada DKI Jakarta 2024. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Jakarta, CNN Indonesia --

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengatakan kemungkinan besar Anies Baswedan dan Sohibul Iman gagal maju menjadi pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di Pilkada DKI Jakarta 2024.

Juru Bicara sekaligus Wakil Sekjen DPP PKS Zainudin Paru mengatakan Anies tak sukses mencari rekan koalisi untuk menambahkan kekurangan 4 bangku DPRD Jakarta.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Karena baru dapat SK usungan dari PKS, Anies dan Shohibul Imam (AMAN) kemungkinan kandas jadi cagub/cawagub DKJ," kata Zainudin melalui keterangan tertulis, Jumat (9/8.

"Kemungkinan dalam waktu satu dua hari ke depan sudah ada kepastian calon Gubernur DKJ nan bakal diusung oleh PKS," ucapnya menambahkan.

Zainudin berbicara PKS telah memberi tiket ke Anies dilengkapi 18 bangku di DPRD DKI Jakarta. Anies hanya perlu mengumpulkan 4 bangku lagi untuk bisa maju.

PKS pun telah memberi waktu 40 hari bagi Anies. Namun, Anies dinilai tak bisa menarik support dari partai lain.

"Terima kasih atas kebersamaan Pak Anies dan PKS selama ini dalam memimpin dan membangun Jakarta. Kita saling mendoakan nan terbaik untuk Pak Anies dan PKS," ujarnya.

Sebelumnya, PKS menyatakan support untuk Anies Baswedan di Pilgub DKI Jakarta 2024. Namun, support itu bersyarat.

Mereka hanya mau memberikan dukungaj jika Sohibul Iman, kader mereka, menjadi calon wakil gubernur. Syarat itu belum diterima partai-partai lain, seperti NasDem dan PKB.

Pada saat bersamaan, partai-partai nan berseberangan dengan Anies berupaya membentuk koalisi. Gabungan berjulukan Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus itu berencana mengusung Ridwan Kamil.

(dhf/fra)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional