PKS Lirik Wakil Gibran dan Penguasa Mangkunegaran Maju di Pilkada Solo

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Solo, CNN Indonesia --

Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa dan penguasa Mangkunegara X, KGPAA Cakrahutomo Wira Sudjiwo atau Gusti Bhre masuk radar Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk Pilkada Kota Solo 2024.

Ketua DPD PKS Kota Solo, Daryono mengatakan partainya melakukan penjaringan dan sukses mendapat 14 nama nan berasal dari internal maupun eksternal.

"Ada tujuh nama dari internal, tujuh nama dari eksternal alias tokoh masyarakat," kata Daryono saat bertemu pers di Kantor DPD PKS, Senin (27/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Daryono mengatakan PKS sengaja meminta kader menominasikan tokoh dari internal dan eksternal partai. Alasannya, PKS mau mencari tokoh nan mewakili partai sekaligus masyarakat Kota Solo.

"Dari tokoh masyarakat dari tokoh eksternal ini nan pertama bapak Teguh Prakosa, beliau Wakil Wali Kota Solo. nan kedua, KGPAA Mangkunegara X, Gusti Bhre," katanya.

Selain Teguh dan Bhre, muncul juga nama-nama nan cukup dikenal publik Solo seperti Ketua DPD Partai Golkar Sekar Tandjung, Ketua PC Nahdhatul Ulama Surakarta KH. Mashuri, Ketua Majelis Tafsir Al Qur'an Nur Khalid Syaifullah, Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta Prof. Dr. Sofyan Anif, dan seorang pengacara Muhammad Taufiq.

Sedangkan dari kader internal muncul nama Ketua Bidang politik DPD PKS Surakarta Abdul Kadir Audah, Ketua Majelis Pertimbangan Daerah PKS Surakarta Sugeng Riyanto, Ketua DPD PKS Daryono, Perwakilan Tokoh Muda PKS Syaifulhaq Mayyazi, Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPD PKS Didik Hermawan, Sekretaris Majelis Pertimbangan Wilayah PKS Jawa Tengah Abdul Ghofar Ismail, dan Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Surakarta Asih Sunjoto Putro.

Proses penjaringan sendiri, kata Daryono, sudah dilakukan selama sebulan terakhir dengan musyawarah kader dari tingkat terbawah. Ia mengatakan usulan disampaikan oleh kader lewat kelompok-kelompok diskusi.

"Masing-masing golongan itu memunculkan enam nama. Tiga nama dari internal kader PKS, tiga nama dari tokoh masyarakat alias eksternal partai," ujarnya.

Daryono mengakui hingga saat ini DPD PKS Solo belum berkomunikasi dengan tujuh tokoh eksternal nan dinominasikan kader-kadernya. PKS bakal menemui tujuh tokoh tersebut dalam waktu dekat.

"Terus terang lantaran ini penjaringan internal, kita Belum menghubungi nan bersangkutan," katanya.

Tujuh nama tersebut mempunyai latar belakang organisasi beragam seperti NU, Muhammadiyah, MTA, hingga partai politik. Karena itu, lanjut Daryono, DPD PKS juga bakal berkomunikasi dengan organisasi tersebut.

"Otomatis setelah ini kita juga bakal berkomunikasi dengan pihak-pihak mengenai dengan latar belakang nama nan sudah muncul," katanya.

Sementara Sekretaris Umum DPD PKS Solo, Nafi Ansori menambahkan PKS hanya mendapatkan tujuh bangku DPRD Kota Solo di Pileg 2024 lalu. Menurutnya, untuk mengusung pasangan calon kepala wilayah dibutuhkan minimal sembilan kursi.

"Karena kita tidak bisa mencalonkan calon kita sendiri, setelah ini kita bakal mengkomunikasikan hasil penjaringan ini dengan temen-temen dari partai lain. Kira-kira mana nan disambut," kata Nafi.

(syd/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional