Poin-poin RK, Dharma, dan Pramono di Debat Perdana Pilgub Jakarta

Sedang Trending 2 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX
Daftar Isi

Jakarta, CNN Indonesia --

Debat perdana calon gubernur dan wakil gubernur Pilkada Jakarta 2024 digelar pada Minggu (6/10) malam, di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Tema nan diangkat adalah penguatan SDM dan transformasi Jakarta menjadi kota global.

Pada debat Pilkada Jakarta 2024, pasangan calon gubernur dan wakil gubernur datang sepasang di panggung debat.

Ketiga pasangan nan bertanding ialah Ridwan Kamil-Suswono (RIDO), Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun) dari independen, dan Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doel).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berikut ini janji-janji dan poin nan disampaikan para paslon dirangkum CNNIndonesia.com.

RK gagas pikulan sungai

Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil mengungkap langkah mengatasi kemacetan di Jakarta. Pertama, dia menggagas bakal berinovasi dengan mengadakan transportasi air nan melintas di 13 sungai di Jakarta.

Lalu, dia juga bakal memfasilitasi transportasi publik lainnya seperti MRT, LRT, hingga TransJakarta.

"Kita mungkin bakal mencoba berinovasi membikin river way alias perahu melintasi 13 sungai di Jakarta," kata RK.

RK juga berpandangan bahwa ekspansi jalan layang alias fly over dirasa juga tetap dibutuhkan guna mengatasi kemacetan.

Pramono janji job fair 3 bulan sekali

Calon Gubernur DKI Jakarta Pramono Anung mengatakan nomor pengangguran di Jakarta saat ini mencapai 354 ribu orang. Ia pun berjanji bakal menggelar job fair tiap tiga bulan di kecamatan.

"Kami temui kebenaran bahwa 354 ribu orang tetap menganggur di Jakarta, apalagi di tahun 2024, 53 ribu orang diterpa angin besar PHK. Masalah ini kudu ditangani serius, dengan job fair tiga bulan sekali di kecamatan dan tersedia training bersertifikat dan balai latihan kerja nan lebih modern" kata Pramono.

Pramono juga berjanji bakal menyediakan day care di pusat perkantoran untuk membantu orang tua bekerja dalam pengasuhan anak. Ia mendorong lebih banyak wanita ikut berperan-serta dalam sektor kerja formal.

RK gagas sekolah politik perempuan

RK menggagas pembentukan sekolah politik wanita jika memenangkan Pilkada DKI 2024.

Ia menyampaikan sekolah politik wanita itu untuk menjadi wadah bagi mereka agar bisa memperjuangkan kepentingannya.

"Kita ada rencana membikin 'Sekolah Politik Perempuan', agar wanita bisa berjuang sendiri untuk masa depan family dan gender," kata RK.

RK juga berjanji bakal membentuk sekolah wanita untuk pemberdayaan ibu rumah tangga.

Dharma sindir RK-Pram

Calon Gubernur Jakarta Dharma Pongrekun menyindir pendapat Ridwan Kamil dan Pramono Anung mengenai kemacetan.

Dharma menilai bahwa perihal nan paling utama dan kudu dilakukan oleh pemimpin Jakarta ke depan adalah eksekusi, bukan hanya rencana dan diskusi. Menurutnya, rencana tanpa eksekusi adalah sia-sia.

"Jangan sampai ada programnya apalagi jika tidak dilaksanakan. Jadi semua menjadi percuma, ketika hanya menjadi rencana tanpa eksekusi. Kita perlu eksekusi bukan lagi berdiskusi," kata Dharma.

RK janji bikin banyak coworking space

RK berjanji bakal memperbanyak coworking space cuma-cuma nan juga memberikan kopi cuma-cuma bagi Generasi Z di Jakarta. Gen Z sendiri merupakan populasi nan lahir selama rentang antara 1997 hingga 2012.

"RIDO bakal memperbanyak coworking nan sewanya cuma-cuma buat Gen Z di Jakarta termasuk minum kopinya lantaran Gen Z ini konsumsi kopinya besar sekali dan mahal, kelak kita kasih cuma-cuma kopinya," kata RK.

RK juga berjanji bakal menggagas program biaya kekuatan sosial selama tiga bulan bagi Gen Z nan terkena PHK. Menurutnya, langkah itu sebagai bukti kehadiran negara bagi Gen Z nan terkena PHK oleh perusahaan.

Janji Pramono rute TransJakarta hingga Bogor-Cianjur

Pramono juga berjanji bakal membikin jaringan Transjakarta sampai Puncak, Bogor dan Cianjur, Jawa Barat untuk mengatasi kemacetan di Jakarta.

Menurutnya, keberadaan Transjakarta hingga ke luar wilayah Bogor dan Cianjur itu kendaraan pribadi nan masuk ke Jakarta bakal berkurang.

"Yang paling krusial untuk mengatasi kemacetan di Jakarta adalah Transjabodetabek, apalagi jika perlu sampai dengan Puncak dan Cianjur," kata Pramono.

Selain itu, Pramono berjanji bakal membebaskan biaya pikulan umum bagi 15 golongan masyarakat di Jakarta.

Dharma sebut Covid-19 agenda asing

Dharma Pongrekun mengatakan pandemi Covid-19 nan melanda bumi merupakan agenda asing untuk merusak kedaulatan Indonesia.

Ia mengaku mengerti betul dengan pandemi kemarin. Menurutnya ada agenda terselubung dari asing untuk mengambil kedaulatan negara.

"Terlihat sekali begitu rapuhnya bangsa ini sampai kudu mengikuti istilahnya saja ikut, kenapa bukan 'Taufiq', kenapa ngikutin 'Covid'," kata Dharma.

Dharma kemudian juga menyinggung soal control population. Ia mengatakan ada pihak nan mau mengontrol kegiatan, aktivitas hingga jumlah masyarakat.

Oleh lantaran itu, menurutnya perjalanan hingga 2045 bakal menjadi masa kecemasan, bukan keemasan.

"Jadi perjalanan menuju ke 2045 bakal menjadi masa kekhawatiran bukan keemasan ketika rakyat kudu ditakut-takuti dengan segala macam regulasi," ujarnya.

RK pamer kedekatan dengan Prabowo

RK dalam kesempatan itu juga memamerkan kedekatannya dengan presiden terpilih, Prabowo Subianto.

Ia menyebut kedekatannya dengan Prabowo itu bakal menjadi salah satu kelebihannya dibanding dengan paslon lain. RK menilai perihal itu bakal berakibat baik dan menguntungkan bagi penduduk Jakarta.

"Kalau kami terpilih salah satu kelebihannya Insya Allah hubungan kami dengan presiden terpilih bakal sangat baik dan siapa nan diuntungkan? nan diuntungkan adalah penduduk Jakarta," kata RK.

RK pun beranggapan hubungan baik antara pemerintah wilayah dengan pemerintah pusat itu bakal melancarkan pembangunan di Jakarta.

RK janji beri biaya support Gen Z kena PHK

RK selanjutnya berjanji memberi biaya support selama tiga bulan untuk generasi Z alias Gen Z nan terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Ia mengatakan biaya itu bisa digunakan untuk memperkuat hingga mendapatkan pekerjaan baru.

"Insya Allah ya jika di-PHK ada tiga bulan dikasih anggaran buat survive sampai nunggu kerja baru," kata RK.

Dharma dukung Pramono jadi Presiden

Dharma dalam perhelatan debat itu tiba-tiba mengatakan bakal mendukung Pramono andaikan maju sebagai Presiden.

Awalnya, sebagai eks Wakil Kepala BSSN, Dharma menjawab pertanyaan Pramono soal masalah keamanan info pribadi di Indonesia.

Dharma bilang dirinya bakal menjadi staf mahir unik bagian keamanan info jika Pramono menjadi Presiden. Dia mengaku menguasai bagian tersebut dan persoalannya tak bakal pernah selesai karena itu adalah industri.

"Mari Mas Pram saya dukung Mas Pram menjadi Presiden RI. Dan saya bakal menjadi staf mahir unik bagian cyber security. Dan cyber security adalah rumor nan tidak pernah selesai lantaran itu adalah industri," kata Dharma.

Seusai perhelatan debat, Pramono pun mengatakan tidak mau menggunakan panggung Pilkada Jakarta 2024 sebagai batu loncatan berkontestasi menjadi presiden.

"Saya berpikir saja tidak, dan saya tidak mau menggunakan pencalonan saya sebagai calon gubernur ini next step untuk melompat," kata Pramono.

(khr/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional