Polemik Barang Belanja Kaesang-Erina Gudono, Bea Cukai: Kalau Penerbangan Internasional Mestinya Diperiksa

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, JakartaDirektorat Jenderal Bea Cukai mengatakan pihaknya tetap melakukan pengecekan mengenai adanya dugaan bahwa peralatan shopping Kaesang Pangarep dan istrinya, Erina Gudono nan tidak diperiksa oleh Bea Cukai. Dugaan tersebut muncul dari video nan beredar di media sosial. Video tersebut menampakkan Kaesang dan Erina turun dari pesawat jet pribadi langsung membawa peralatan mereka ke mobil tanpa melalui pemeriksaan petugas bandara.

Video tersebut beredar tidak lama setelah putra bungsu dan menantu Presiden Joko Widodo itu jalan-jalan ke Amerika menggunakan pesawat jet pribadi Gulfstream dengan kode N588SE.

“Kami tetap cek,” ujar Direktur Humas Bea Cukai Nirwala Dwi Heryanto saat dihubungi pada Senin, 26 Agustus 2024. 

Menurut Nirwala pihaknya mesti memastikan apakah penerbangan nan ada di video tersebut adalah penerbangan domestik alias internasional. Sebab, kedua jenis penerbangan itu mempunyai patokan nan berbeda. 

Penerbangan domestik, kata Nirwala, tidak perlu ada pemeriksaan kepabeanan. Sedangkan penerbangan internasional wajib melalui pemeriksaan sesuai prosedur nan berlaku. 

“Jika penerbangan tersebut penerbangan Internasional maka bakal melalui prosedur-prosedur international airport clearance termasuk imigrasi dan kepabeanan,” kata dia. 

Polemik penggunaan jet pribadi oleh Kaesang-Erina tetap menggelinding di sosial media. Kini warganet menyoroti adanya dugaan peralatan mereka itu tak dikenai pajak bea cukai lantaran langsung dibawa ke mobil nan dikendarainya. 

Bea cukai trending di X pada Senin, 26 Agustus 2024. Hingga pukul 08.50 Bea Cukai telah mendapat 38,8 cuitan nan kebanyakan meminta lembaga ini mengusut barang-barang milik Kaesang-Erina. 

Iklan

Viralkan untuk mereka nan masuk dari luar negeri untuk acuhkan bea cukai,” tulis @rikiaiza di akun X-nya pada Senin hari ini. 

Sindiran nan lain muncul dari @nabiylarisfa. “Ciyee belanjaannya langsung masuk mobil, nggak lewat deklarasi bea cukai dulu ciyeee~,” tulis dia. 

Sementara itu, akun @kazzam17 juga menuntut bea cukai untuk menjelaskan kejadian ini. “Udah jam 8 nih, mari bea cukai jawab pertanyaan netizen selama weekend kemarin,” tulis dia pada pukul 08.03, Senin, 26 Agustus 2024. 

Sementara itu, Ekonom UPN Veteran Jakarta Achmad Nur Hidayat meminta Kaesang Pangarep menjelaskan kepada publik ihwal dugaan penggunaan jet pribadi untuk ke Amerika Serikat berbareng Erina Gudono tersebut. Biaya sewa jet pribadi tidak murah, di kisaran Rp 308 juta per jam. Apalagi perjalanan itu dilakukan oleh anak seorang presiden di tengah kondisi susah perekonomian masyarakat.

"Kaesang dan family perlu menjelaskan kepada publik berapa biaya dan sumber biaya nan digunakan untuk menyewa jet pribadi itu," kata Achmad kepada Tempo, Ahad, 25 Agustus 2024.

"Saat kondisi ekonomi menantang bagi rakyat, menggunakan jet pribadi mewah bisa dikatakan sebagai tindakan tidak sensitif, apalagi menyinggung emosi publik," ujar Achmad.

Pilihan Editor: Diduga Tidak Periksa Barang Kaesang dan Erina Gudono, Bea Cukai Didesak Beri Penjelasan Publik

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis