Polisi Periksa ATC dan IFC Usut Insiden Pesawat Jatuh di BSD

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 22 Mei 2024 13:43 WIB

Polisi periksa pihak Air Traffic Control (ATC) dan Indonesia Flying Club untuk mengusut kejadian pesawat jatuh di BSD. Polisi periksa pihak Air Traffic Control (ATC) dan Indonesia Flying Club untuk mengusut kejadian pesawat jatuh di BSD. (ANTARA FOTO/Rais Fauzan Azhar)

Jakarta, CNN Indonesia --

Polres Tangerang Selatan telah memeriksa pihak Air Traffic Control (ATC) dan Indonesia Flying Club untuk mengusut kejadian pesawat jatuh nan menewaskan tiga orang di Lapangan Sunburst, BSD City, Tangerang Selatan, Minggu (19/5) lalu.

Kendati demikian, Kasi Humas Polres Tangsel AKP Agil tak membeberkan kapan para saksi itu dimintai keterangan oleh penyidik.

"Pengumpulan bahan keterangan awal dan penjelasan terhadap beberapa pihak seperti saksi-saksi di TKP, pihak ATC dan General Affair IFC (Indonesian Flying Club) telah kami laksanakan," kata Agil saat dikonfirmasi, Rabu (22/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Agil menerangkan dalam pemeriksaan itu interogator mendalami soal rute penerbangan pesawat nahas tersebut sebelum jatuh.

"Untuk mengetahui gambaran sementara rute pesawat serta waktu penerbangan dari pertama take off hingga ditemukan kecelakaan di TKP," ujarnya.

Sementara itu, kata Agil, untuk penyelidikan mengenai penyebab jatuhnya pesawat tersebut tetap dilakukan oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

"Terkait investigasi untuk menyelidiki sebab-sebab kecelakaan pesawat saat ini tetap berproses dan ditangani KNKT," ucap di.

Pesawat TecnamP2006T dengan nomor registrasi PK-IFP milik Indonesia Flying Club jatuh di Lapangan Sunburst, BSD City, Serpong, Tangerang Selatan, Minggu (19/5) lalu.

Insiden itu menyebabkan tiga orang nan ada di dalam pesawat meninggal dunia. Ketiganya, ialah pilot Capt Pulu Darmawan, co-pilot Capt Suanda, dan teknisi Capt Farid Ahmad.

Basarnas DKI Jakarta mengatakan pesawat latih tersebut sempat lenyap kontak sebelum jatuh di area BSD. Kepala Seksi Operasi (Kasiop) Basarnas DKI Jakarta Agung Priambodo menyebut komunikasi terakhir sekitar pukul 14.43 WIB.

Sementara itu, Kapolres Tangerang Selatan AKBP Ibnu Bagus Santoso mengatakan pilot pesawat tersebut sempat mengirim sinyal darurat sebelum terjatuh. Kendati demikian, setelah itu pesawat lenyap kontak.

(dis/isn)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional